Berita Pangkalpinang

Sektor Pertambangan Tak Alami Peningkatan di Tengah Pandemi Covid-19, Tapi Masih Jadi Andalan

Berdasarkan PDRB sektor pertambangan masih menjadi andalan untuk menggerakan laju ekonomi sebesar 40%

ekspor timah 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Sektor pertambangan masih menjadi andalan pemerintah daerah di Bangka Belitung untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Hal ini diakui oleh Kepala Bidang Pertambangan Mineral, Logam, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Babel, Amir Syahbana.

Menurutnya meski di sektor tambang timah tidak menunjukan peningkatan, tapi ditengah covid-19 sektor pertambangan masih tetap bisa diandalkan.

"Kalau kita lihat parameter ekonomi dimakro kita Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sektor pendukung hanya pertambangan, apalagi ditengah masa covid-19 seperti sekarang ini disektor yang lain bener-bener drop hanya di sektor pertambangan lah walaupun tidak berkibar tapi tetap bisa tegak," kata Amir kepada Bangkapos.com, Rabu (01/07/2020)

Dia menyebutkan, kalau dari data di Bank Indonesia (BI) terkait pertumbuhan ekonomi sektor pertambangan lah yang masih menjadi penopangnya.

"Konsumsi turun, sektor yang lain juga tidak bisa bergerak, belanja pemerintah juga turun, konsumsi masyarakat turun, lagi-lagi sektor lertambanglah yang menjadi penopang walaupun tidak hebat tapi masih bisa survive," sebutnya

Dia menuturkan, berdasarkan PDRB sektor pertambangan masih menjadi andalan untuk menggerakan laju ekonomi sebesar 40%.

"Kita berharap Hambatan yang selama ini ada mengenai hukum bisa dilonggarkan, sehingga sektor pertambangan bisa bergerak, perekonomian kita berputar, konsumsi naik nantinya," tuturnya

Sementara itu, menurutnya tidak ada hambatan disektor ekspor timah

Pemerintah daerah dan DPRD justru mendorong agar adanya kelonggaran dalam ekspor timah.

Halaman
123
Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved