Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Amri Cahyadi Minta Pemalsuan Surat Keterangan Rapid Test Harus Diproses

Pengawasan ketat harus dilakukan tim gugus penanganan Virus Corona (Covid-19) di daerah terhadap seluruh penumpang

Dokumentasi Bangka Pos
Wakil Ketua DPRD Babel, Amri Cahyadi 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pengawasan ketat harus dilakukan tim gugus penanganan Virus Corona (Covid-19) di daerah terhadap seluruh penumpang yang ingin mendarat di wilayah Bangka Belitung (Babel).

Hal tersebut diharapkan Wakil Ketua DPRD Provinsi Bangka Belitung (Babel), Amri Cahyadi. Mengingat, ditemukannya kejadian pemalsuan surat keterangan non reaktif Covid-19, dari hasil rapid test oleh sejumlah penumpang yang menuju Pulau Bangka melalui Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok, baru-baru ini.

Menurutnya, kejadian ini sendiri membuat masyarakat harus terus mewaspadai lingkungan sekitar. Terutama, untuk terus melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 dalam kehidupan sehari-hari.

"Mereka (tim gugus) harus lebih teliti memeriksa kelengkapan surat itu. Misalnya, saat melihat hasilnya, reaktif atau non reaktif," jelasnya kepada Bangkapos.com, Kamis (2/7/2020).

Ia menyebutkan, ketelitian tersebut harus lebih ditingkatkan. Jadi, bukan hanya berfokus pada keaslian surat keterangan non reaktif semata.

Melainkan juga dapat melihat indikasi lainnya, semisal pemeriksaan yang mengindikasikan untuk mengetahui sikap mencurigakan seseorang.

Berkaca dari kejadian tersebut, Amri mengharapkan agar pihak berwenang dalam hal ini, dapat memproses lebih lanjut tindakan pemalsuan yang dilakukan oknum-oknum nakal bersangkutan.

"Maaf, jangan hanya mereka menunjukkan (surat), tapi hasilnya lupa. Tidak dilihat dulu. Jangan seperti itu nanti," terangnya.

"Mereka (pelaku), harus kita proses. Tidak hanya kita diamkan saja. Karena ini kan pemalsuan dokumen resmi. Itukan ada delik pidananya," pungkas Amri.

(Bangkapos.com/Ramandha)

Penulis: Ramandha
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved