Breaking News:

Tips Kesehatan

Empat Sumber Makanan Ini Bisa Meningkatkan Sistem Imun Tubuh, yang Pertama Khusus Balita

Pemilihan makanan dan asupan gizi seimbang menjadi kebutuhan dasar untuk membantu sistem imun dan kerja organ tubuh lainnya

Penulis: Sela Agustika | Editor: Hendra
tribunnews.com
Ilustrasi sayuran 

BANGKAPOS.COM,BANGKA -- Menyambut era tatatan baru saat ini ditengah pandemi covid-19 semua pihak harus dapat beradaptasi dengan kebiasaan-kebiasaan baru dalam menjalani aktivitas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu, menjaga sistem imun tubuh sangat penting bagi kesehatan agar terhindar dari virus Covid-19.

Dosen Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang, Ratmawati, S.Gz., M.Gz mengatakan meningkatkan sistem imun menyambut era tatanan baru sangat penting untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari virus Covid-19.

Dia menjelaskan sistem imun berfungsi untuk memerangi bakteri jahat (patogen), virus dan benda asing lain yang berbahaya.

"Sistem imun juga dapat mencegah pertumbuhan dan perkembangan sel kanker dan menetralisirkan zat berbahaya didalam tubuh,"jelas Ratmawati, Kamis (2/7/2020).

Dia mengungkapkan asupan gizi seimbang menjadi kebutuhan dasar untuk membantu sistem imun dan kerja organ tubuh lainnya.

"Pemilihan makanan yang beraneka ragam dan pola makan yang tepat dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh," ujarnya.

Dikatakan Ratmawati, pembentukan sel imun bersumber dari asam lemak, asam amino, dan zat gizi mikro.

Berikut beberapa sumber makanan yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan sistem imun tubuh:

1. ASI (Air Susu Ibu)
Salah satu manfaat ASI eksklusif adalah membantu pembentukan sel imun bagi bayi usia 0-6 bulan, karena mengandung alpha-lactobulmin.

Halaman
1234
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved