Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Mulai 1 Juli 2020 Resmi Tarif Baru Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan, Kelas III Disubsidi Pemerintah

Tarif baru kenaikan iuran BPJS kesehatan resmi diterapkan per 1 Juni 2020 yang tertuang dalam Perpres Nomor 64 Tahun 2020

Bangkapos.com/Sela Agustika
Kepala Cabang BPJS Pangkalpinang, Angga Firdauzie 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Tarif baru kenaikan iuran BPJS kesehatan resmi diterapkan per 1 Juni 2020 yang tertuang dalam Perpres Nomor 64 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan..

Kenaikan kali ini berlaku untuk peserta bukan penerima upah (PBPU) atau peserta mandiri kelas I dan II.

Sementara itu, untuk kelas III tidak mengalami kenaikan iuran lantaran disubsidi oleh pemerintah.

Kepala Cabang BPJS Pangkalpinang, Angga Firdauzie mengatakan bahwa hal tersebut bukanlah kenaikan tetapi penyesuaian iuran karena tidak sesuai dengan hasil perekonomian.

"Selama ini untuk penetapan iuran tidak sesuai antara manfaat dan besaran iuran dan lainnya tidak betul-betul dihitung berdasarkan prinsip-prinsip aktuaria atau prinsip resiko," ungkap Angga.

Dia mengatakan, besaran iuran ditinjau minimal 2 tahun sekali, sementara negara menetapkan iuran pertama di awal 2016 yang kemudian pada tahun 2019 lalu dilakukan penyesuaian yang dihitung berdasarkan prinsip keekonomian, seperti luasnya manfaat, inflasi, rasio kesakitan dan variabel lainnya.

"Dari beberapa variabel pertimbangan yang telah dilakukan sehingga diperoleh nilai penetapan iuran seperti saat ini," jelas Angga kepada Bangkapos.com, Kamis (2/7/2020).

Diakui Angga, selama terjadi penyesuain iuran, berdasarkan data yang ada, pihaknya belum terlalu banyak menerima komplain penurunan kelas.

"Untuk bulan juni kemarin data yang kita punya ada 11 peserta yang komplain penurunan kelas, sementara untuk bulan ini karena baru diberlakukan jadi datnya belum ada," sebutnya.

"Tetapi pada awal tahun kemarin memang banyak yang melakukan penurunan kelas, karena pada waktu itu masih berlakunya Perpres 75 tahun 2019," ungkap Angga.

Halaman
12
Penulis: Sela Agustika
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved