Breaking News:

Status Tahanan Rumah, Bos Karaoke Sungailiat Ini Malah Keluyuran, Begini Penjelasannya (VIDEO)

Majelis hakim mengingatkan agar terdakwa mematuhi aturan karena jika tidak, hakim akan mengalihkan status tahanan rumah terdakwa menjadi tahanan ruta

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Terdakwa Yanto alias Acun berstatus tahanan rumah, namun dia sering keluyuran hingga membuat Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Sungailiat Bangka, berang.

Majelis hakim pun mengingatkan agar terdakwa mematuhi aturan hukum, karena jika tidak, hakim akan mengalihkan status tahanan rumah terdakwa menjadi tahanan Rutan.

Fakta ini mencuat dalam sidang lanjutan perkara penganiayaan yang digelar terbuka untuk umum di PN Sungailiat, Kamis (2/7/2020). Sidang ketika itu beragendakan pemeriksaan saksi bernama Farida dan Bernoldus. Setelah saksi memberikan keterangan di persidangan, tiba-tiba Ketua Majelis Hakim, Arief Kadarmo mengeluarkan pernyataan tegas.

"Saudara terdakwa, perlu saudara ingat bahwa status saudara itu adalah sebagai tahanan rumah. Artinya saudara hanya boleh berada di dalam rumah. Saudara tidak diperbolehkan keluar rumah. Ingat, jika saudara tidak mematuhi aturan, maka kami akan mengalihkan status saudara menjadi tahanan Rutan (rumah tahanan -red)," kata Arief dalam intonasi nada cukup tegas di penghujung sidang, Kamis (2/7/2020).

Tentu saja perintah hakim pada Bos Karoke Pub ST 12 Sungailiat Bangka ini mengingat adanya sejumlah laporan yang menyebutkan Terdakwa Yanto alias Acun sering nongkrong di sejumlah kafe, malam hari. Padahal sebagai tahanan rumah, itu tidak diperbolehkan karena dianggap 'mengangkangi' aturan hukum yang berlaku. Apalagi saat ini Acun menjadi tahanan hakim dalam status tahanan rumah, diatur dalam aturan atau undang-undang. Mendengar "ancaman" majelis hakim di persidangan, Terdakwa Acun sempat terdiam sesaat, lalu menganggukan kepala pertanda mengerti dan tidak akan mengulangi pelanggaran lagi.

Usai sidang, sebelum pulang ke rumah, saat akan meninggalkan PN Sungailiat, Terdakwa Yanto alias Acun sempat ditemui Bangka Pos. Ia bahkan diberikan kesempatan untuk menanggapi perintah hakim agar tidak keluyuran lagi selama status tahanan rumah masih disandang. Soal ulahnya yang suka keluyuran dan perintah hakim? Terdakwa Acun tak banyak berkomentar. "Tadi kan pertanyaan hakim sudah dijawab di persidangan" elak Terdakwa Yanto alias acun merasa tak keberatan pada perintah hakim.

Begitu pula dengan Sumin alias Aming, Kuasa Hukum Terdakwa Yanto alias Acun, ditemui pada kesempatan yang sama usai sidang, Kamis (2/7/2020) merasa tak keberatan. Aming tak banyak komentar karena menurutnya sejumlah wartawan telah mendengar dan melihat sendiri semua fakta persidangan yang baru saja digelar dan terbuka secara umum di pengadilan. Yang jelas kata Aming, pihaknya siap melaksanakan perintah majelis hakim.

"Tadi kan sidangnya terbuka untuk umum, kawan-kawan kan (wartawan -red) sudah lihat sendiri, jadi bisa ditonton sendiri lah seperti yang ada di persidangan tadi. Yang jelas dalam persidangan tadi ada salah satu saksi (Farida -red) yang menyatakan ia memberikan keterangan (Saat BAP di Penyidik -red) dalam tekanan pihak lain," tambah Aming.

Sementara itu sebelumnya, Pantauan Bangka Pos di ruang sidang PN Sungailiat, Kamis (2/7/2020) terlihat proses sidang berjalan lancar. Sidang digelar oleh Majelis Hakim PN Sungailiat dipimpin Ketua Majelis, Arief Kadarmo didampingi Anggota, Joni Mauludin dan Firman Jaya

Sedangkan bertindak selaku Tim Penuntut Umum, Rizal Purwanto dan Mario Marco dari Kantor Kejari Bangka. Di agenda sidang hari ini, JPU menyiapkan tiga orang saksi, namun hanya dua saksi yang datang ke ruang sidang, yaitu Farida dan Bernoldus. Sedangkan satu saksi lagi bernama Topan tak hadir dan rencananya dihadirkan pada sidang berikutnya.-- Baca berita sebelumnya soal pemukulan yang dilakukan Bos Karoke ST 12 Sungailiat, Yanto alias Acun pada tamunya sendiri, Korban Irfan alias Unyil.(bangkapos.com/ferylaskari)

Penulis: ferylaskari
Editor: Tomi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved