Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Syarat dan Proses Rapid Test Gratis dari Kabupaten Bangka, Berlaku untuk Pegawai dan Pelajar

Juru Bicara Tim GTPPC Kabupaten Bangka Boy Yandra mengungkapkan persyaratan untuk mendapatkan rapid test gratis

Sehatq.com
Ilustrasi rapid test 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC) Kabupaten Bangka Boy Yandra mengungkapkan persyaratan untuk mendapatkan rapid test gratis bagi warga yang akan melakukan perjalanan ke luar Pulau Bangka, menggunakan pesawat terbang ataupun kapal laut.

"Untuk para pegawai ASN atau swasta harus menunjukkan surat nota dinas kepada Kepala Kalakhar BPBD Kabupaten Bangka. Selanjutnya akan direkomendasikan untuk melakukan Rapid Test ke RSUD Depati Bahrin Sungailiat dengan memberikan surat tersebut kepada direktur RSUD Depati Bahrin," jelas Boy Yandra.

Sedangkan untuk mahasiswa, pelajar, santri dan lainnya cukup menunjukkan Kartu Mahasiswa atau Kartu Pelajar dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) kepada Kalakhar BPBD Kabupaten Bangka.

Selanjutnya direkomendasikan untuk Rapid Test di RSUD Depati Bahrin Sungailiat.

"Semoga kebijakan yang diambil Bupati Bangka ini bisa memberikan manfaat bagi orang banyak dan bagi masyarakat Kabupaten Bangka semuanya," harap Boy Yandra.

Kebijakan ini diambil untuk membantu masyarakat dan menjaga Kabupaten Bangka mempertahankan Zona Hijau sehingga bisa memutuskan mata rantai penyebaran penularan pandemi Covid-19 di Kabupaten Bangka.

"Pemberian rapid test mandiri gratis ini juga berlaku untuk masyarakat umum lainnya yang akan bepergian keluar dari Pulau Bangka," tukas Boy Yandra.

Rapid Test Gratis Warga Kabupaten Bangka Mulai 2 Juli 2020

Kabar gembira bagi masyarakat Kabupaten Bangka yang ingin melakukan perjalanan dinas atau perjalanan ke luar Pulau Bangka menggunakan pesawat atau kapal laut yang mewajibkan syarat non reaktif Rapid Test, maka akan diberikan secara gratis mulai 2 Juli 2020.

Kebijakan memberikan Rapid Test gratis bagi warga Kabupaten Bangka ini diputuskan Bupati Bangka Mulkan sekaligus sebagai Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC) Kabupaten Bangka usai rapat bersama Kepala Dinkes Kabupaten Bangka, Direktur RSUD Depati Bahrin Sungailiat, Kalakhar BPBD Bangka, Kamis (02/07/2020) di rumah dinas Bupati Bangka.

"Kebijakan memberikan layanan Rapid Test gratis bagi masyarakat yang akan bepergian ke luar Pulau Bangka seperti ASN, mahasiswa, pelajar dan warga lainnya dengan syarat memberikan nota tugas kepada Kalakhar BPBD Kabupaten Bangka," kata Boy Yandra, Jubir Tim GTPPC Kabupaten Bangka, Kamis (02/07/2020) sore.

Sebelumnya kebijakan rapid test gratis ini hanya untuk pasien rumah sakit dan puskesmas, OTG, ODP, PDP dan orang yang kontak dengan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Petugas kesehatan di rumah sakit dan puskesmas serta untuk masyarakat dalam rangka screening massal selama ini sudah diberikan gratis.

"Dengan adanya kebijakan Bupati Bangka yang baru ini artinya sekarang ruang lingkup gratisnya bertambah yaitu ke peserta rapid test mandiri, mengingat kebutuhan masyarakat semakin bertambah untuk perjalanan ke luar Pulau Bangka," tandas Boy Yandra.

(bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved