Berita Pangkalpinang

Tingkat Kesembuhan Covid-19 di Babel Tertinggi di Indonesia, Ini Penjelasan Dokter Spesialis Paru

Angka kesembuhan Covid-19 yang sudah bergejala dibagi dua yaitu pasien bergejala ringan dan tanpa komorbid dapat dipastikan 100 persen

ist dr Adi
Dokter Spesialis Paru Rumah Sakit Umum Daerah Depati Hamzah Pangkalpinang, dr Adi Rosadi 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Provinsi Bangka Belitung termasuk satu diantara 12 provinsi di Indonesia yang angka kesembuhan orang terinfeksi Covid-19 tertinggi dengan persentase diatas 70 persen.

Ketua Tim Penanggulangan Covid-19 RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang sekaligus Dokter Spesialis Paru, dr Adi Rosadi SpP memberikan tanggapan terkait hal tersebut.

Menurutnya, angka kesembuah Covid-19 harusnya dibagi menjadi dua meliputi:

Pertama adalah angka kesembuhan Konfirmasi Tanpa Gejala (KTG) yaitu orang yang sehat tetapi terkonfirmasi Covid-19

Kedua adalah angka kesembuhan Covid-19 yang sudah timbul gejala dan memerlukan perawatan di rumah sakit.

"Saat ini angka kesembuhan Covid-19 digabung antara KTG dan yang sudah bergejala. Angka kesembuhan KTG adalah 100 persen artinya orang tanpa gejala yang hasil pemeriksaan swabnya positif terinfeksi SARS-CoV-2 cepat atau lambat seluruhnya akan terjadi konversi pemeriksaan swab PCR menjadi negatif," ujar dr Adi saat dikonfirmasi bangkapos.com, Kamis (2/7/2020).

Lebih lanjut, ia menyebutkan sedangkan angka kesembuhan Covid-19 yang sudah bergejala dibagi dua yaitu pasien bergejala ringan dan tanpa komorbid dapat dipastikan 100 persen karena seluruhnya akan sembuh.

Namun yang menjadi masalah adalah terinfeksi Covid-19 yang sakit berat dan sakit kritis. Di luar negeri angka kematian Covid-19 berat adalah 15,7 persen.

"Angka kematian Covid-19 meningkat dengan semakin lanjut usia dan adanya komorbid yaitu 8 persen pada usia 70-79 tahun dan 14,8 persen yang berusia di atas 80 tahun. Sedangkan angka kematian Covid-19 yang sakit kritis adalah 49 persen," ungkapnya.

Tetapi, di Bangka-Belitung sejauh ini hanya ditemukan 2 orang Covid-19 yang sakit kritis yang keduanya meninggal dunia. Selebihnya adalah pasien yang sembuh dari Covid-19.

Halaman
12
Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved