Breaking News:

Berita Bangka Tengah

Batianus Sebut Koba Setidaknya Perlu Tiga SMPN

Batianus ikut berkomentar terkait banyaknya siswa SD yang tidak terakomodir atau diterima untuk bersekolah di SMPN 1 Koba.

Dokumentasi Bangka Pos
Wakil Ketua I DPRD Bateng, Batianus. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Bangka Tengah, Batianus ikut berkomentar terkait banyaknya siswa SD yang tidak terakomodir atau diterima untuk bersekolah di SMPN 1 Koba.

Ia mengatakan Kecamatan Koba yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Bangka Tengah seharusnya dapat menjadi tolak ukur suksesnya Pemkab Bateng dalam menyediakan atau memfasilitasi kebutuhan dasar masyarakat dalam hal pemenuhan hak pendidikan dasar 9 tahun.

Seharusnya pemerintah segera merencanakan pembangunan sekolah untuk mengatasi permasalahan yang menurutnya sering terjadi setiap tahunnya.

Koba sebagai ibu kota kabupaten paling tidak memiliki tiga SMP Negeri untuk mengakomodir masyarakat di Kecamatan Koba.

"Kita tidak bisa memaksakan kalau mau sekolah ke swasta, itu sifatnya pilihan saja ataupun sekolah negeri yang jauh. Seperti SMPN 2 Koba yang masih tersisa 2 kelas yang kosong, berarti kan ada yang salah dalam pemetaan zonasinya, pembagian zonasinya tidak berimbang," ujar Batianus. Jumat (3/6)

DPRD Kabupaten Bateng siap mendukung pembangunan sekolah baru sampai ke pendampingan ke kementrian, serta penganggaran guna mengatasi permasalahan klasik yang sering terjadi ini.

"Intinya jumlah SD itu lulusannya harus sebanding dan terakomodir oleh SMP negeri. Keresahan ini merupakan hal klasik, sudah berulang kali terjadi tetapi tidak pernah memperbaikinya," tegas Batianus.

Politisi Golkar ini menyarankan kepada orangtua yang anaknya tidak diterima di SMPN 1 Koba agar tetap meyekolahkan anak mereka di sekolah lainnya seperti SMPN 2 Koba, SMPN 1 Lubuk Besar, atau sekolah swasta lainnya yang ada di sekitaran Kota Koba.

"Orang tua tetap harus membangun semangat anaknya untuk sekolah, terlepas itu di sekolah yang bukan zonasi mereka," pungkas Batianus.

Dindik Minta Siswa Daftar ke Sekolah Terdekat Lain

Halaman
123
Penulis:
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved