Breaking News:

NEGARA-negara Ini Ditandai 'Aman' Masuk Eropa, Indonesia Termasuk?

Schengenvisainfo.com, Selasa (30/6/2020), mengungkapkan sebelumnya pada Sabtu (27/6/2020) adanya draft berisi 54 negara yang sedang didiskusikan

(SHUTTERSTOCK)
Ilustrasi Italia - Cathedral of Santa Maria del Fiore di Firenze, Italia.(SHUTTERSTOCK) 

BANGKAPOS.COM – Negara-negara anggota Uni Eropa (UE) telah menyetujui daftar 15 negara yang dapat mengajukan visa schengen.

Schengenvisainfo.com, Selasa (30/6/2020), mengungkapkan sebelumnya pada Sabtu (27/6/2020) adanya draft berisi 54 negara yang sedang didiskusikan oleh para anggota UE.

Draft tersebut kemudian dipersempit menjadi 15 negara yang kini sudah final. Per 1 Juli 2020 negara-negara yang penduduknya akan diizinkan untuk memasuki Eropa adalah sebagai berikut:

Aljazair
Australia
Kanada
China
Georgia
Jepang
Montenegro
Maroko
Selandia Baru
Rwanda
Serbia
Korea Selatan
Thailand
Tunisia
Uruguay
Namun, pelancong dari negara-negara tersebut harus terlebih dahulu memeriksa kebijakan masing-masing negara UE yang ingin dikunjungi.

Hal ini karena ]negara anggota UE diizinkan untuk melakukan pengecualian terhadap beberapa negara dari daftar tersebut.

“Saat ini terdapat 14 (+1) negara dalam daftar UE yang bisa dijadikan pertimbangan negara-negara aman bagi para negara anggota UE,” bunyi pengumuman tersebut seperti dikutip dari Schengenvisainfo.com.

“Terdapat Aljazair, Kanada, Georgia, Jepang, Montenegro, Maroko, Selandia Baru, Rwanda, Serbia, Korea Selatan, Thailand, Tunisia, dan Uruguay. China juga masuk dalam daftar UE, namun hanya dengan syarat adanya kebijakan visa resiprokal dari otoritas China,” tambahnya.

Daftar negara-negara aman tersebut akan ditinjau setiap dua minggu dan disesuaikan berdasarkan perkembangan Covid-19 di setiap negara.

Berdasarkan Dewan UE, penduduk Andorra, Monako, San Marino, dan Vatikan harus dianggap sebagai penduduk UE untuk keperluan rekomendasi tersebut.

Penduduk Britania Raya, serta anggota keluarga mereka, dibebaskan dari pembatasan perjalanan sementara.

Halaman
12
Editor: ediyusmanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved