Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Sektor Pariwisata Sangat Berpengaruh Terhadap Perekonomian Masyarakat Bangka Belitung

Sektor Pariwisata berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat Bangka Belitung.

bangkapos.com/Widodo
Oktarizal, Kepala Bidang Neraca Wilayah dan Analisis Statistik 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sektor Pariwisata berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat Bangka Belitung.

Hal itu diungkapkan langsung oleh pihak Badan Pusat Statistik yaitu Taufik selaku Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Pada kondisi normal sektor pariwisata mempunyai multiflier effect hampir kesemua sector ekonomi, namun kalo dirinci ada beberapa sector yang berdampak besar dari kegiatan pariwisata, yaitu hotel, restoran, perdagangan dan transportasi," jelasnya kepada Bangkapos.com, Jumat (3/7/2020).

Sebaliknya kondisi tidak normal seperti beberapa bulan ini seluruh sector ekonomi tersebut juga terkena dampaknya.

"Jumlah tamu yang menginap pada hotel berbintang di Bangka Belitung pada Bulan Maret 2020 sebanyak 23.386 orang menurun -87,31 persen di bulan April 2020 menjadi 2.968 orang. Penurunan jumlah tamu berlanjut di Bulan Mei 2020 menjadi 2.720 orang atau turun -8,34 persen," katanya.

Diakunya seiring dibukanya even di hotel dan kegiatan lainnya diharapkan kegiatan pariwisata mulai meningkat.

Namun kendala yang dihadapi dalam memasuki new normal saat ini dimana masih diberlakukannya persyaratan bagi penumpang transportasi udara harus menunjukan hasil rapid test, menyebabkan pergerakan orang belum optimal.

Dengan demikian dibukanya even di hotel dan kegiatan lainnya bisa jadi dampaknya masih lambat terhadap kegiatan ekonomi.

Oktarizal selaku Kepala Bidang Neraca Wilayah dan Analisis Statistik BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga menambahkan.

Pariwisata terkait dengan banyak lapangan usaha dalam perekonomian. Dengan dibukanya hotel dan kegiatan lainnya. Bakal berdampak pada menggeliatnya perekonomian Bangka Belitung. Beberapa lapangan usaha yang mungkin akan terdampak positif diantaranya:

Halaman
12
Penulis: Widodo
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved