Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Pelabuhan Pangkalbalam Kurang Memadai, Ekspor Komoditi di Bangka Belitung Terganggu

Pelabuhan Pangkalbalam tergantung dengan pasang surut air laut hingga akhirnya mengganggu proses ekspor di Bangka Belitung

Bangkapos/Sela Agustika
Gubernur Erzaldi Rosman bersama Kementrian Koperasi dan UMKM RI beserta jajaran lainnya saat foto bersama pada Peresmian Pelepasan Kontainer Ekspor Lidi Nipah dan Ladah, Senin (6/7/2020). 

BANGKAPOS.COM,BANGKA -- Pelabuhan yang memadai menjadi faktor pendukung untuk meningkatkan ekspor komoditi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kondisi pelabuhan Pangkalbalam saat ini memiliki banyak kendala hingga mengganggu ekspor komiditi Bangka Belitung.

Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengatakan pada saat kapal masuk dan keluar ke pelabuhan harus menunggu pasang surut air, dan tidak bisa berlawanan arah.

"Jika kapal ingin keluar harus satu persatu begitupun yang masuk juga harus satu persatu, tidak bisa berlawanan arah. Begitu tidak efisiennya pelabuhan ini,"ungkap Erzaldi saat memberikan sambutan pada Pelepasan Kontainer Ekspor Lidi Nipah dan Ladah di Pelabuhan Pangkalbalam, Senin (6/7/2020).

Turut hadir dalam peresmian pelepasan ekpor tersebut Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki.

Dengan kondisi ini, dia mengungkapkan bahwa berdasarkan keputusan kementrian akan dilakukan pengembangan pada Pelabuhan Pangkalbalam tahun 2020.

"Insya Allah pengembangan pelabuhan tahun depan akan dilaksanakan dan ini sudah merupakan keputusan kementrian yang mana akan dikembangkan ke arah muara kurang lebih sekitar 2 kilo dengan menggunakan reklamasi," jelasnya.

Dia berharap dengan adanya pengembangan pelabuhan ini kedepannya bisa menambah daya saing yang lebih kuat, terutama untuk bersaing memperkuat ekspor.

Diakuinya upaya untuk memperkuat ekspor tidak lepas dari peran Badan Balai karantina Pertanian Bangka Belitung yang terus menerus berupaya untuk berinovasi dan mendorong komoditi lainnya.

"Mohon dukungan pemerintah pusat agar kirannya fasilitas infrastruktur pelabuhan ini menjadi perhatian untuk terus dikembangkan,"harapnya.

(Bangkapos.com/Sela Agustika)

Penulis: Sela Agustika
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved