Breaking News:

Berita Bangka Selatan

DAK di Dindik Bangka Selatan Tahun 2019 Diselidiki, Begini Tanggapan Pemerhati Kebijakan Publik

"Sepanjang penggunaannya sesuai dengan aturan atau juknis serta pemanfaatannya, maka tidak perlu khawatir bisa terjerat oleh dugaan pelanggaran hukum,

IST/Jumli
Pemerhati Kebijakan Publik sekaligus Ketua Lembaga Partisipasi Pengawas dan Pemerhati Pelayanan Publik Bangka Belitung (LP5 Babel), Jumli Jamaludin. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Penyelidikan terhadap penggunaan dana alokasi khusus (DAK) Tahun Anggaran 2019 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Selatan oleh Unit Tindak Pidana Korupsi Satuan Reserse Kriminal Polres Bangka Selatan ditanggapi Jumli Jamaluddin.

Menurut pemerhati kebijakan publik sekaligus Ketua Lembaga Partisipasi Pengawas dan Pemerhati Pelayanan Publik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Jumli Jamaluddin, sebagai pejabat pemerintahan sekaligus sebagai penyelenggara dan pelaksana layanan publik sewajibnya patuh terhadap proses hukum yang dijalani.

"Ini kan baru tahap proses penyelidikan dari pihak penegak hukum atas suatu dugaan yang diterangkan. Proses itupun penegak hukum tetap menghormati azas praduga tidak bersalah," ujar Jumli pada Rabu, (8/7/2020).

Jumli berharap pejabat yang diperiksa tetap mengikuti proses pemeriksaan yang dilakukan oleh pemeriksa atau penyidik Kepolisian.

"Tentunya akan lebih baik jika pemeriksaan berjalan kooperatif," imbuhnya.

Jumli Jamaluddin menambahkan penggunaan atau pengelolaan anggaran baik yang bersumber dari APBD atau APBN memang harus hati-hati dan berpegang pada aturan atau juknis serta seoptimal mungkin diupayakan sesuai peruntukan dan pemanfaatannya.

"Sepanjang penggunaannya sesuai dengan aturan atau juknis serta pemanfaatannya, maka tidak perlu khawatir bisa terjerat oleh dugaan pelanggaran hukum," tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, Unit Tindak Pidana Korupsi Satuan Reserse Kriminal Polres Bangka Selatan melakukan penyelidikan terhadap penggunaan dana alokasi khusus (DAK) Tahun Anggaran 2019 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Selatan.

Pemanggilan ini diakui oleh Kasat Reskrim Polres Bangka Selatan, AKP Albert Daniel Tampubolon.

Mengenai pemanggilan oleh Satuan Reskrim Polres Bangka Selatan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Selatan, Sumadi menyatakan jika pihaknya akan datang jika memang dipanggil.

Halaman
12
Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved