Breaking News:

Advertorial

Masyarakat Wajib Miliki Dokumen Administrasi Kependudukan

BUPATI Bangka Te­ngah (Bateng), Ibnu Saleh Kamis (9/7/2020) melakukan penyerahan buku nikah kepada peserta itsbat nikah terpadu, di Gedung Serba Guna

Editor: Ardhina Trisila Sakti
ist/Humas
Ibnu Saleh Kamis (9/7/2020) melakukan penyerahan buku nikah kepada peserta itsbat nikah terpadu, di Gedung Serba Guna (GSG) Kabupaten Bateng. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Bupati Bangka Te­ngah, Ibnu Saleh Kamis (9/7/2020) melakukan penyerahan buku nikah kepada peserta itsbat nikah terpadu, di Gedung Serba Guna (GSG) Kabupaten Bangka Tengah.

Bupati menga­takan isbat nikah terpadu sangat bermanfaat bagi umat islam untuk mengurus dan mendapatkan hak-haknya berupa surat -surat atau dokumen pribadi, serta memberikan jaminan perlindungan dan kepastian hukum terhadap masing-masing pasangan suami istri dan kepastian hukum terhadap status anak yang dilahirkan dalam perkawinan.

“Terdapat suatu fenomena dalam masyarakat di Kabupaten Bateng, yaitu masih banyak perkawinan yang tidak tercatat sehingga berakibat tidak dapat dicantumkannya nama ayah pada akta kelahiran bagi anak yang lahir dari suatu perkawinan yang orang tuanya tidak mempunyai Akta Nikah atau buku nikah, oleh karena itulah Peme­rintah Kabupaten Bateng pada tahun 2020 melaksanakan kegiatan pelayanan terpadu Akta Nikah dan dokumen kependudukan Hakim tunggal,” ujar Ibnu.

Istilah terpadu karena setelah dilakukan sidang isbat nikah oleh Hakim tunggal selanjutnya, penetapan tersebut langsung mempunyai kekuatan hukum tetap dan data pasangan suami istri tersebut terintegrasi dengan Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah) ke kantor Kementerian Agama dalam hal ini Kantor Urusan Agama sebagai dasar dibuatkan buku kutipan Akta Nikah.

Kemudian dari KUA terintegrasi dengan Siak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bateng sebagai dasar dibuatkannya Kartu Keluarga dan akta kelahiran bagi pasangan yang telah mempunyai anak.

“Hal ini merupakan salah satu kepedulian pemerintah terhadap masyarakat agar memiliki dokumen administrasi kependudukan yang harus dan wajib dimiliki oleh setiap penduduk,” jelasnya.

Ia berharap kegiatan yang dianggarkan melalui program terpadu yang disubsidi dari APBD murni Kabupaten Bateng dapat bermanfaat nyata bagi mas­yarakat, dan mudah-mudahan program ini akan lanjutkan anggarkan dengan target yang lebih banyak di tahun tahun anggaran berikutnya. 

Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved