Breaking News:

Berita Pangkalpinang

5 Tips Mengenal Investasi Saham Bagi Para Pemula

Kaprodi Bisnis Digital ISB Atma Luhur Hengki menjelaskan terkait investasi dan tips untuk para pemula.

Ist/Hengki
Kaprodi Bisnis Digital ISB Atma Luhur, Hengki 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kaprodi Bisnis Digital ISB Atma Luhur Hengki menjelaskan terkait investasi dan tips untuk para pemula.

"Investasi adalah cara atau pola bagaimana menyimpan dana dalam jangka waktu tertentu dengan tujuan mengembangan dana yang ada. Manfaat utama investasi adalah meningkatkan sebuah nilai dari dana pada produk investasi tertentu,"ujar Hengki, Minggu (12/7/2020).

Menurutnya pada hakikatnya semua orang kaya di dunia ini dinilai dari harga sebuah saham yang dimiliki orang tersebut.

"Untuk para pemula, zaman bisnis digital ini di era keterbukaan informasi kepada anak milenial mampu belajar investasi dengan biaya murah. Fokus utama sebelum investasi saham adalah banyak belajar mengenai pasar modal," jelas Hengki.

Hal yang pertama dilakukan pemula adalah membuka akun di sekuritas atau boleh datang ke IDX (Bursa Saham Indonesia) di cabang Bangka Belitung.

"Semua produk investasi memiliki keuntungan dan kelemahan masing-masing. Namun menurut saya, orang kaya di dunia itu investasinya ada pada saham karena capital yang ada di pasar modal lebih banyak daripada di perbankan. Sehingga harta karun terbesar dan potensial ada di pasar modal berupa produk saham," kata Hengki.

Lebih lanjut ia menerangkan tetapi sebelum berinvestasi saham harus belajar dulu karena sangat fluktuatif sehingga tidak salah memilih saham.

"Bagi saya prospek saham kedepan sangat bagus apalagi saham-saham di Indonesia sekarang relatif murah. Dengan modal Rp 100 ribu sekarang sudah bisa transaksi saham di sekuritas. Anda bayangkan saja dengan uang segini sudah bisa investasi," tutur Hengki.

Terkait kerugian bila berinvestasi, menurutnya produk saham merupakan investasi dengan resiko tinggi baik naik atau turunnya sebuah nilai saham.

Oleh sebab itu untuk meminimalisir kerugian perlu ilmu yang cukup untuk terjun ke dunia pasar modal.

Hengki juga memberikan beberapa tips bagi pemula yang ingin bergabung di dunia pasar modal di antaranya:

1. Membuka sekuritas yang relatif murah untuk memulai transaksi saham dengan hanya Rp 100 ribu
2. Untuk awal lebih baik investasi dalam bentuk membeli buku mengenai pasar modal, ingat belajar juga bentuk investasi untuk jangka panjang.
3. Banyak membaca berita mengenai produk saham dan berita perusahaan yang go public
4. Mengikuti webinar tentang saham untuk menambah ilmu
5. Jangan pernah menggunakan dana darurat atau keperluan untuk digunakan transaksi saham.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved