Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Belum Bisa Masuk Sekolah, Psikolog Saran Orangtua Beri Dukungan untuk Anak Belajar di Rumah

Masuk sekolah atau KBM tatap muka belum bisa dilakukan di wilayah kota Pangkalpinang dikarenakan masih masuk zona merah.

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: Ardhina Trisila Sakti
(Facebook/Avan Fathurrahman)
Ilustrasi Foto Cerita Pak Guru Avan 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Terkait para siswa mulai rindu suasana sekolah namun diberitakan bahwa masuk sekolah atau KBM tatap muka belum bisa dilakukan di wilayah Kota Pangkalpinang dikarenakan masih masuk zona merah.

Sehingga kegiatan belajar mengajar tetap harus dilakukan dengan metode daring.

Psikolog sekaligus Dosen Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) IAIN SAS Bangka Belitung, Siska Dwi Paramita memahami betul rasa kekecewaan para siswa.

"Kembali ke sekolah memang telah lama didambakan oleh para siswa, bisa bertemu teman disekolah, bermain dan belajar bersama. Namun hal ini harus kembali ditunda karna pemerintah masih mempertimbangkan beberapa hal hingga harus memperpanjang masa pembelajaran jarak jauh (PJJ)," ujar Siska, Minggu (12/7/2020).

Ia menyebutkan beberapa siswa mungkin merasa kecewa namun banyak juga anak yang sudah merasa nyaman karena belajar dirumah lebih menyenangkan meski tidak bisa bertemu dengan teman-temannya.

Tentu sebagai orangtua harus kembali menjelaskan kondisi saat ini dan para siswa harus menunda keinginan untuk kembali ke sekolah.

"Agar belajar dari rumah bisa dirasakan nyaman bagi anak-anak maka orangtua harus tetap memberi dukungan dengan tetap memperhatikan segala kelengkapan belajar anak," kata Siska.

Disarankan juag bangun suasana yang menyenangkan seperti, tempat yang rapi dan bersih, pencahayaan yang cukup dan tenang.

Selain mendapatkan pembelajaran secara teori sebaiknya anak mampu mempraktekkan pembelajaran yang sudah didapatkannya.

"Buat komitmen antara anak dan orangtua agar tidak terjadi pemaksaan dalam belajar,"tutur Siska.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved