Breaking News:

Psikologi

Belajar di Rumah Tetap Semangat, Psikolog Sarankan Siswa Kenakan Seragam Sekolah

Siswa sudah merasa senang dan kembali semangat karena memang atmosfir sekolah sangat terasa jika siswa sudah menggunakan seragamnya masing-masing

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ilustrasi Siswa SD masuk Sekolah 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Tahun ajaran baru 2020/2021 dimulai Senin, 13 Juli 2020.

Namun, tahun ini sangat berbeda, akibat pandemi Covid-19, bangku di kelas kini tanpa penghuni lantaran muridnya masih belajar dari rumah

Kebanyakan di rumah membuat suasana sekolah sangat dirindukan, apalagi tahun ajaran baru.

Tidak ada lagi rebutan kursi di depan saat hari pertama masuk sekolah.

Psikolog sekaligus Dosen Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) IAIN SAS Bangka Belitung, Siska Dwi Paramita akui keinginan siswa bersekolah sangat terasa dan memberikan saran agar anak bisa semangat dalam belajar.

"Jika dilihat saat ini, keinginan anak-anak untuk sekolah masih sangat terasa bahkan beberapa sekolah saat pelaksanaan ujian akhir menerapkan agar para siswanya menggunakan seragam sekolah meski ujian dilaksanakan di rumah masing," ujar Siska, Senin (13/7/2020).

Menurutnya, hal itu membuat siswa sudah merasa senang dan kembali semangat karena memang atmosfir sekolah sangat terasa jika siswa sudah menggunakan seragamnya masing-masing.

"Memenuhi kebutuhan sekolah anak seperti tas, buku, alat tulis, seragam baru, sepatu dan perlengkapan lainnya menjadi salah satu cara lainnya menumbuhkan semangat sekolah mereka," saran Siska.

Selain itu, ia menambahkan adanya pendampingan sebagai orangtua sebaiknya memberikan informasi yang benar.

"Jika memang diperpanjang oleh pemerintah hingga bulan agustus maka katakan akan masuk sekolah di bulan agustus tapi tentunya jika keadaan atau kondisi wilayah kita sudah membaik dan tidak ada kasus positif dari penyebaran virus covid," kata Siska.

Jadi anak-anak diingatkan untuk tetap bersabar, bersemangat menyambut kembali ke sekolah, dan bantu pencegahan penyebaran dengan tetap dirumah serta menjaga kesehatan diri.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita) 

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved