Breaking News:

Kesehatan

Nggak Sadar Anda Jadi Body Shaming, Ini Bahayanya kata Psikolog

Perkataan mengomentari fisik seseorang, tentu memiliki dampak negatif bagi pikiran orang yang tidak bisa menerima dengan baik.

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: Hendra
Ist/Primalita
Dosen Prodi Psikologi Islam IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, Primalita Putri Distina 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dosen Prodi Psikologi Islam IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, Primalita Putri Distina mengatakan body shaming atau ejekan berkaitan tentang fisik yang termasuk dalam kategori bullying verbal.

"Kadang kita tak sadar melakukan body shaming kepada orang sekitar kita, bahkan kadang kita pun jadi korbannya," ujar Primalita, Senin (13/7/2020).

Perkataan mengomentari fisik seseorang, tentu memiliki dampak negatif bagi pikiran orang yang tidak bisa menerima dengan baik.

"Ini bisa menimbulkan rendahnya kepercayaan diri, mau ketemu jadi malas karena orang akan mengomentari kita. Misalnya seseorang gemuk, sehingga diet berlebihan kemudian akan menganggu kesehatan fisik,"jelas Primalita.

"Kalau sudah parah banget, seseorang akan negatif thinking dengan dirinya sendiri dan tidak bisa mencintai dirinya sendiri,"lanjutnya.

Sehingga seseorang yang menjadi korban body shaming terpicu menjadi stres dan gangguan sikologi.

Menurutnya, body shaming ini ada dikarenakan standart kecantikan yang menyebutkan cantik itu wajah bersih, badan langsing, gigi rapi, rambut lurus dan sebagainya.

"Kalau ada orang-orang tidak sesuai standart itu malah dianggap jelek, padahal kita memiliki kecantikan masing-masing," sebutnya.

Primalita juga menjelaskan bagi seseorang yang menerima body shaming untuk tetap mengelola pikiran bahwa tidak selamanya apa yang dikatakan oleh orang lain itu benar.

"Kita hanya perlu mengontrol pikiran kita dan mengabaikan omongan negatif orang lain kepada kita. Pikirkan orang yang body shaming tersebut memperhatikan kita, ubah mindset negatif jadi positif,"kata Primalita.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved