Breaking News:

Berita Bangka

Tahun Ajaran Baru 2020/2021 Sudah Dimulai, Orangtua dan Siswa di Kabupaten Bangka Masih Bingung

Berdasarkan kalender pendidikan nasional, jadwal tahun ajaran baru 2020/2021 sudah dimulai, Senin (13/07/2020) untuk semua tingkatan satuan...

Penulis: edwardi | Editor: Dedy Qurniawan
bangkapos.com/Edwardi
Rozali Romkad, Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Berdasarkan kalender pendidikan nasional, jadwal tahun ajaran baru 2020/2021 sudah dimulai, Senin (13/07/2020) untuk semua tingkatan satuan pendidikan PAUD, TK, SD, SMP dan SMA sederajat.

Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan secara daring/online dari rumah masing-masing bagi daerah kabupaten/kota yang masih masuk zona merah penularan wabah Covid-19, seperti di Kabupaten Bangka.

Terkait ini, banyak orangtua dan anaknya merasa bingung dan khawatir bagaimana cara mengikuti sistem kegiatan belajar mengajar secara daring di awal tahun ajaran baru ini.

" Anak saya saat ini sudah naik ke kelas 6 SD, tadi dia memaksa minta diantarkan ke sekolah tapi kita belum dapat petunjuk dari pihak sekolah atau guru bagaimana yang harus dilakukan , kita juga jadi bingung anak saya duduk di kelas 6A, 6B atau 6C, siapa guru wali kelas nya kita belum tahu , saya sudah tanyakan kepada guru kelas 5 nya tetapi belum ada jawaban petunjuk apapun," kata Tri, salah satu orangtua siswa warga Kecamatan Sungailiat, Senin (13/07/2020).

Diakuinya, saat anaknya masih duduk di kelas 5 SD lalu , dirinya merasah masih mudah untuk mengikuti KBM sistem daring.

Hal ini karena buku-buku pelajaran dan guru wali kelasnya sudah jelas dan juga ada grup WhatsApp sehingga mudah dalam melakukan komunikasi dan informasi soal KBM.

" Kita ada rencana mau datang langsung ke sekolah , namun masih bersabar , takut dilarang, jadi masih menunggu petunjuk lebih lanjut lewat grup WhatsApp dulu," imbuhnya.

Menanggapi hal ini. Plt. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka, Rozali Romkad mengakui dan memaklumi rasa kebingungan para orangtua atau wali murid ini.

Apalagi bagi oranngtua yang anaknya baru saja mau masuk ke sekolah baru.

" Kita maklumi saja kalau masih banyak yang bingung soal masuk sekolah secara daring ini, tetapi memang jadwal masuk Tahun Ajaran Baru 2020/2021 memang sudah dimulai hari ini Senin, 13 Juli namun dilakukan secara daring, tidak boleh secara tatap muka di sekolah karena Kabupaten Bangka masih Zona Merah," kata Rozali.

Diakuinya, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka beberapa hari lalu sudah melakukan pertemuan dengan para kepala sekolah per kecamatan di Kabupaten Bangka.

" Jadi hari ini para kepala sekolah melakukan rapat internal dulu dengan para guru di sekolah bagaimana tata cara belajar, pemilihan murid kelas, nembagi tugas dan soal lainnya," ujar Rozali.

Dilanjutkannya, setelah itu, nanti pihak sekolah akan memanggil para orangtua atau wali murid secara bergantian dan tidak boleh dalam jumlah banyak untuk menghindari kerumunan massa dan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penularan wabah Covid-19.

" Secara bertahap kepala sekolah dan guru-guru akan secepatnya menginformasikan kepada para orangtua bagaimana tata cara KBM secara daring ini, diharapkan para orangtua bersabar dulu menunggu informasi lebih lanjut dari pihak sekolah," imbuh Rozali. (Bangkapos.com/Edwardi)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved