Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Tahun Ajaran Baru Kali Ini Berbeda, Cara Belajar Siswa Perlu Inovasi

Bisa menerapkan pola pembelajaran kelompok atau jumlah siswa dibagi-bagi, kemudian dijadwalkan bergiliran sehingga tidak menimbulkan kerumunan

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: Hendra
(bangkapos.com/Cici Nasya Nita)
Ketua STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung Asyraf Suryadin 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Ketua STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung Asyraf Suryadin mengatakan perlunya inovasi belajar di rumah pada masa tahun ajaran baru kali ini yang berbeda bila dibandingkan tahun ajaran baru biasanya.

Hal ini dikarenakan pandemi covid-19, yang mengharuskan para peserta didik untuk belajar di rumah.

"Dengan kondisi ini memang masih melakukan proses belajar mengajar dengan sistem daring. Saya berharap dengan sistem ini tidak mengurangi kualitas. Sehingga proses transfer ilmu pengetahuan perlu inovasi dengan menerapkan pola-pola pembelajaran," ujar Asyraf saat ditemui bangkapos.com, Senin (13/7/2020).

Lebih lanjut, ia menyarankan agar bisa menerapkan pola pembelajaran kelompok atau jumlah siswa dibagi-bagi, kemudian dijadwalkan bergiliran sehingga tidak menimbulkan kerumunan.

"Dibuat kelompok-kelompok dan dijadwalkan, bisa juga siswa datang atau guru yang datang. Diatur jadwalnya dan terapka protokol kesehatannya. Diharapkan berinovasilah terkait hal tersebut,"jelas Asyraf.

Diakuinya, semua pihak seperti pendidik, guru dan murid berkeinginan proses pendidikan berjalan seperti biasa.

"Sebab tahun ajaran baru itu memang dianggap tahun kebanggan bagi siswa dan orangtua, namun kita juga harus memahami kondisi covid-19, tidak melakukan aktivitas berkerumunan atau melibatkan banyak orang," sebut Asyraf.

Sehingga selain inovasi belajar, orangtua juga harus lebih aktif saat ini dalam membantu atau mendampingi anak untuk belajar di rumah.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved