Breaking News:

Advertorial

Wujudkan Desa Jebus BISA Melalui Pengembangan BUMDes

Desa Jebus sentral dan pintu masuk menuju Kecamatan Jebus-Kabupaten Bangka Barat terus berupaya untuk membangkitkan dan meningkatkan perekonomian warg

Penulis: iklan bangkapos | Editor: Dedy Qurniawan
Wujudkan Desa Jebus BISA Melalui Pengembangan BUMDes - jebus-2.jpg
ist
Perangkat Pemerintah Desa Jebus
Wujudkan Desa Jebus BISA Melalui Pengembangan BUMDes - jebus-1.jpg
ist
Peresmian BUMDes Jebus BISA
Wujudkan Desa Jebus BISA Melalui Pengembangan BUMDes - jebus-3.jpg
ist
Kegiatan Rutin Pemberdayaan Masyarakat Program Jum’at Bersih Desa Jebus

BANGKAPOS.COM - Desa Jebus yang menjadi sentral dan pintu masuk menuju Kecamatan Jebus-Kabupaten Bangka Barat terus berupaya untuk membangkitkan dan meningkatkan perekonomian warga.

Langkah konkret untuk pemberdayaan masyarakat di bidang perekonomian yaitu mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang bernama Jebus BISA diresmikan sejak 2018.

BUMDes Jebus Bisa mengembangkan beberapa unit usaha seperti Berkah Mart dengan konsep toko serba ada/minimarket.

Selain menjual kebutuhan sehari-hari, Berkah Mart juga menjadi sarana untuk memasarkan hasil produk olahan dari masyarakat, kemudian ada Pangkalan Gas Elpiji Tabung 3 Kg, simpan pinjam, serta unit usaha yang menyediakan keperluan dan kebutuhan alat-alat kantor dan sejenisnya.

Keberadaan Berkah Mart dan unit usaha lainnya dalam BUMDes Jebus Bisa diharapkan dapat membangkitkan gairah perekonomian desa, serta dapat memberikan pelayanan yang lebih baik terhadap pemenuhan kebutuhan pokok berupa barang atau jasa kepada masyarakat.

Selain itu dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam terwujudnya desa Jebus bisa sejahtera dan bisa mandiri sesuai dengan Motto desa yaitu Jebus BISA, Bersih Indah Sejahtera dan Aman.

“Kami berusaha untuk terlebih dulu mengenalkan brand Berkah Mart ini kepada masyarakat, Alhamdulillah masyarakat perlahan-lahan mulai menyambut keberadaan Berkah Mart dan unit-unit usaha BUMDes lainnya. Kedepan pemerintah desa akan mengembangkan unit usaha di bidang kuliner yaitu rumah makan dengan menyajikan menu utama ikan bekerja sama dengan Kelompok Nelayan desa sebagai penyuplainya. Lokasinya nanti kami buat menjadi satu dengan unit-unit usaha yang sudah ada, sehingga menjadi kawasan terpadu,” ujar Hendry, Kepala Desa Jebus, Kamis (9/7/2020).

Selaku Kepala Desa yang memimpin roda pemerintahan desa sejak periode 2016-2022, Hendry ingin masyarakatnya merasakan peran dari hadirnya BUMDes sebagai wajah baru pergerakan perekonomian di desanya, dan ikut terlibat dalam perkembangan dari unit-unit usahanya.

“Dukungan dan partisipasi dari masyarakat sangat diperlukan untuk bersama menjadikan desa tercinta ini memiliki progres yang baik. Mulai dari SDMnya hingga pola pikir dan semangatnya, BUMDes hadir sebagai suatu pendekatan baru dalam usaha peningkatan ekonomi desa yang pengelolaan dan perkembangannya sepenuhnya dilaksanakan oleh masyarakat desa, mulai dari desa, oleh desa, dan untuk desa,” pungkasnya.(Advertorial/*/Humas Pemdes Jebus).

Struktur Organisasi Perangkat Desa

Halaman
12
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved