Breaking News:

Berita Pangkalpinang

ICDX Sudah Rasakan Ekspor Timah di Bangka Belitung Anjlok Sejak 2019 Lalu

Dia mengatakan, dari 38 member ICDX yang bertransaksi di tahun 2020, hingga saat ini belum ada yang melakukan proses ekspor.

Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah
Kepala Kantor Perwakilan Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX) Bangka Belitung, Muhamad Irham 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -  Kepala Kantor Perwakilan Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX) Bangka Belitung Muhamad Irham mengatakan ekspor di sektor pertambangan timah melalui bursa ICDX sejak tahun 2019 memang mengalami penurunan.

"Kalau setelah tutupnya smelter di Babel kita juga merasakan dampaknya, kalau untuk ICDX ekspornya memang mengalami anjlok yang signifikan, tidak tahu kalau yang lain," ungkap Irham saat kepada Bangkapos.com, Selasa (14/07/2020)

Dia mengatakan, dari 38 member ICDX yang bertransaksi di tahun 2020, hingga saat ini belum ada yang melakukan proses ekspor.

"Kalau baru-baru ini ekspor belum ada, tapi sekitar seminggu yang lalu memang ada dua perusahaan yang sedang berproses, dengan baloknya yang sudah masuk ke gudang kita," ujarnya

Dia menyebutkan, dua perusahaan tersebut sedang dalam proses belum masuk dalam tahap ekspor.

"Dalam proses itu artinya masih melewati beberapa tahap, seperti verifikasi, lengkapi berkas serat beberapa lainnya," sebutnya

Sejak tahun 2019 lalu, menurutnya, sudah mulai merasakan iklim ekspor timah di Babel sudah mulai goyang sejak tutup serentaknya puluhan smelter di Babel.

"Sebenernya di tahun 2018 akhir itu sudah mulai terasa hingga saat ini yang terasa betul," tuturnya

Dia pun berharap, agar para member yang beberapa tahun terakhir terpaksa tutup, sementara ini dapat melengkapi data dan persyaratan yang harus dipenuhi.

"Kami tetap berharap kepada semua smelter di Babel supaya segera melengkapi persyaratan yang ditentukan oleh pemerintah baik itu ESDM pusat ataupun Babel agar mereka tetap bisa melanjutkan proses ekspor kembali," harapnya (Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved