Breaking News:

Berita Sungailiat

Pemdes Kimak Berhasil Kelola Potensi Jadi PAD untuk Membangun dan Sejahterakan Masyarakat

Keberhasilan ini menjadi sumber pendapatan asli daerah untuk membantu membiayai pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bangkapos/Edwardi
Pemkab Bangka melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Kepala Desa dan BPD se Kabupaten Bangka di rumah dinas Bupati Bangka, Selasa (14/07/2020).  

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pemerintah Desa Kimak, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka berhasil mengelola potensi yang ada di desanya.

Keberhasilan ini menjadi sumber pendapatan asli daerah untuk membantu membiayai pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Keberhasilan Pemdes Kimak ini mendapat apresiasi langsung dari Bupati Bangka, Mulkan.

"Mari kita lihat dan contoh Desa Kimak yang memiliki kebun sawit kas desa seluas kurang lebih 30 hektare, selain untuk menambah pendapatan asli desa juga bisa menjadi lapangan kerja untuk masyarakatnya dan ini merupakan contoh yang baik agar seluruh desa di Kabupaten Bangka bisa mengikutinya, mereka bisa menggali dan memanfaatkan potensi sumber daya desanya," kata Mulkan saat kegiatan Rapat Koordinasi Kepala Desa dan BPD se Kabupaten Bangka di rumah dinas Bupati Bangka, Selasa (14/07/2020).

Kegiatan ini dihadiri juga Wakil Bupati Bangka, Syahbudin dan unsur Forkopimda Bangka, Kapolres Bangka AKBP Widi Heryawan, Kajari Bangka Farid Gunawan, para kepala OPD dan pejabat terkait, para camat di lingkungan Pemkab Bangka.

Diharapkannya kepada seluruh pemerintah desa (62 desa, red) yang ada di Kabupaten Bangka agar jangan sampai terlena karena saat ini banyak menerima kucuran alokasi dana desa dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten.

"Ketika dana-dana itu suatu saat distop atau dihentikan baru hal ini akan menjadi permasalahan besar bagi kita, apakah pemerintah desa siap menghadapi hal ini sebab jangan sampai hal ini menghambat kegiatan atau program yang sudah direncanakan pemerintah desa, kalau Desa Kimak mungkin masih bisa karena ada sumber pendapatan asli desanya yang sudah jelas , tetapi bagaimana dengan desa-desa lainnya," tukas Mulkan.

Dilanjutkannya ketika pemerintah desa itu memiliki sumber dana pendapatan asli desa yang banyak tentunya masalah kekurangan ADD bukanlah persoalan, seperti masyarakat masih ada yang membutuhkan dana BLT bukanlah suatu persoalan karena bisa dibantu dari dana pendapatan asli desanya.

" Saya lihat banyak desa-desa lain yang memiliki potensi wisata yang indah tetapi belum digarap, seperti Minggu kemarin kami ada mengunjungi Desa Berbura Kecamatan Riau Silip, ada potensi wisata air terjun yang indah dan belum tergarap potensi sumber daya alam juga termasuk di desa-desa lainnya pasti memiliki potensi sumber daya yang bisa dimanfaatkan dan digali untuk menjadi sumber pendapatan asli desanya," harap Mulkan.

Mulkan menyampaikan agar para kepala desa untuk berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menyelesaikan masalah dan menghindari untuk berkonflik yang akan berpengaruh pada masyarakat.

Halaman
12
Penulis: edwardi
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved