Breaking News:

Berita Sungailiat

Turunkan Angka Kematian Bayi dan Ibu, Dinkes Bangka Gelar Refreshing Kader Posyandu Balita

Kegiatan ini diikuti 120 peserta mewakili kader posyandu se Kabupaten Bangka dan dibagi menjadi 3 sesi masing-masing 40 peserta

Editor: Hendra
Ist/ Dinkes Bangka
Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka mengadakan kegiatan Refreshing Kader Posyandu Balita di masa pandemi Covid-19 di Hotel Novilla Boutiqe Ressort Sungailiat, Senin (13/07/2020). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka mengajak kader Posyandu Balita untuk tanggap dan peduli terhadap permasalahan kesehatan di wilayah kerja masing-masing serta mampu menggerakkan masyarakat untuk bersama-sama mencapai derajat Kesehatan yang optimal.

"Kader posyandu merupakan ujung tombak pemberdayaan kesehatan terutama di posyandu-posyandu yang banyak didirikan hingga ke pelosok desa dan kelurahan," kata dr Then Suyanti, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka melalui rilis kepada Bangkapos.com, Selasa (14/07/2020).

Kegiatan Refreshing Kader Posyandu Balita di masa pandemi Covid-19 digelar di Hotel Novilla Boutiqe Ressort Sungailiat, Senin (13/7/2020).

Kegiatan ini diikuti 120 peserta mewakili kader posyandu se Kabupaten Bangka dan dibagi menjadi 3 sesi masing-masing 40 peserta.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dr Then Suyanti mengatakan saat ini masih banyak permasalahan kesehatan yang terjadi.

Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini dibutuhkan peran dan tugas kader posyandu dalam upaya kesehatan promotif dan preventif serta mampu menggerakkan masyarakat untuk melaksanakan dan mengikuti kegiatan di pasar.

" Walaupun ada wabah Covid-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan saat pelaksanaan kegiatan posyandu, sesuai dengan edaran Kemendagri tentang Operasional Posyandu dalam pencegahan penyebaran Covid-19, dimana posyandu sebagai garda terdepan dapat membantu dalam sosialisasi dan edukasi terkait Covid-19," kata dr Then.

Sementara Kasi Promkes dan UKBM Dinkes Provinsi Kepulauan Babel, Rita Agustina selaku narasumber kegiatan mengatakan bahwa peran dan tugas kader posyandu sangatlah penting apalagi saat masa pandemi Covid-19..

"Kader posyandu ikut mengatur persiapan dengan mengikuti protokol kesehatan pada saat pelaksanaan kegiatan posyandu, yaitu mengatur jarak meja minimal 1 meter, mengatur jadwal agar tidak terlalu banyak orang minimal 10 orang, menyediakan sarana cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, ibu dan balita menggunakan masker serta yang terpenting kader dan petugas menggunakan APD berupa masker , sarung tangan dan face shield," kata Rita.

Rita berharap dengan kegiatan ini dapat meningkatkan wawasan para kader-kader posyandu, sehingga nantinya dapat mengelola dan melaksanakan kegiatan posyandu dengan baik di masa pandemi Covid-19 ini sesuai dengan protokol kesehatan.

" Tujuan kegiatan posyandu adalah untuk menurunkan angka kematian bayi (AKB) dan angka kematian ibu, baik ibu hamil, melahirkan dan nifas," ujar Rita. (*/)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved