Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Sadari Perubahan Perilaku Anak, Psikolog Sarankan Orang Tua Lakukan Hal Ini Meski Sibuk Kerja

Buatlah lingkungan yang menyenangkan dan membimbing anak untuk menyesuaikan diri selama pandemi ini. Cara ini dapat dilakukan oleh orang tua...

Penulis: Sela Agustika | Editor: Hendra
ist//dok. Primalita
Dosen Prodi Psikologi Islam IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, Primalita Putri Distina 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dosen Prodi Psikologi Islam IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, Primalita Putri Distina mengatakan selama pandemi Covid-19 mengharuskan semua orang untuk melakukan pembatasan aktivitas di luar rumah sehingga akan berdampak pada kondisi mental seseorang.

Situasi seperti saat ini tidak hanya dialami oleh orang dewasa, tetapi juga akan berdampak pada kondisi mental anak karena aktivitas di luar yang terbatas.

"Selama pandemi ini karena kita mengalami physical distancing, sekolah ditutup, sehingga aktivitas anak-anak pun terbatas di luar, yang mana seharusnya anak-anak ini masih dalam masa bermain, tumbuh kembang dan berinteraksi dengan teman dan lingkungannya," ungkap Primalita kepada bangkapos.com, Senin (19/7/2020).

Diakuinya dengan adanya pembatasan ini menyebabkan semua aktivitas tersebut berkurang sehingga akan membuat kesempatan bersenang-senang pada anak hilang.

Dia mengungkapkan sejauh ini selama pandemi dia belum pernah ada orang tua yang melakukan konsultasi kesehatan mental anak

"Untuk orangtua yang melakukan konsultasi ini kebanyakan masih hambatan dalam belajar atau gangguan perkembangan sebelumnnya, tetapi untuk kesehatan mental sebelum pandemi belum ada," ungkapnya.

Dikatakan Primalita, anak yang alami kesehatan mental dapat dicirikan dengan terjadinya perubahan pada anak.

Misalnya terjadinya regresi atau prilaku anak yang kembali ke masa-masa kecil, memiliki gangguan tidur, makan, sering menyebutkan rasa bosan dan lainnya.

Ada juga masalah-masalah pada kesehatan fisik yang merupakan efek dari psikologis yang terganggu seperti sakit kepala, sakit perut dan lainnya.

"Sebagai orangtua tentunya kita harus lebih peka terhadap perubahan yang terjadi pada anak dari prilaku biasanya," saran Primalita.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved