Breaking News:

Berita Sungailiat

SMKN 2 Sungailiat Sekolah Pertama di Bangka Belitung yang Miliki Simulator Kapal

Dunia pendidikan dituntut selalu mengikuti perkembangan teknologi karena untuk menunjang pembelajaran di era industri 4.0 saat ini.

Penulis: Nurhayati (CC) | Editor: Dedy Qurniawan
Ist/SMKN 2 Sungailiat
Kepala Kompetensi Keahlian Nautika SMK Negeri 2 Sungailiat, Samsul Riva’i. 

BANGKAPOS.COM,BANGKA - Dunia pendidikan dituntut selalu mengikuti perkembangan teknologi karena untuk menunjang pembelajaran di era industri 4.0 saat ini.

Untuk itu, SMK Negeri 2 Sungailiat sebagai sekolah kejuruan yang mempunyai kompetensi keahlian atau jurusan Nautika Kapal Penangkap Ikan juga harus terus berinovasi dan meningkatkan teknologi dibidang pengajaran dan pelatihan peserta didik.

Sejak dirintis tahun 2018 lalu, kini SMK Negeri 2 Sungailiat memiliki alat simulator kapal sebagai sekolah yang paling pertama memiliki alat tersebut di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Alat simulator kapal SMKN 2 Sungailiat
Alat simulator kapal SMKN 2 Sungailiat (ist / SMKN 2 Sungailiat)

“sejarah simulator diadakan adalah untuk menggantikan praktik olah gerak kapal dan navigasi yang seharusnya dilakukan di kapal dilakukan ke dalam ruangan yang dilengkapi simulator, ini bertujuan untuk mengurangi resiko terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama pembelajaran praktik. Simulator berfungsi sebagai pengganti alat yang sesungguh seperti kapal. Tetapi fungsinya tidak mengurangi faedah dari kapal itu sendiri," jelas Kepala Kompetensi Keahlian Nautika SMK Negeri 2 Sungailiat, Samsul Riva’i.

Menurutnya, dengan adanya simulator kapal ini, maka akan memudahkan peserta didik untuk memahami mekanisme nautika kapal, cara berlayar, membaca peta, alur pelabuhan dan lain-lain.

Menempati bangunan seluas 300 meter persegi, dua lantai, simulator kapal berlisensi Rusia, STSTC, ini menjadi ikon baru peserta didik di SMK Negeri 2 Sungailiat, bahkan lingkungan warga sekitar Sinar Jaya lokasi di mana SMK Negeri 2 Sungailiat ini beralamat. (Bangkapos.com/Rilis/Nurhayati)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved