Breaking News:

Berita Bangka Tengah

Bupati Bateng Panen Raya Udang Galah Bersama Kelompok Budidaya Barokah Maju Bersama

Kelompok Budidaya Barokah Maju Bersama Desa Lubuk Lingkuk berhasil melakukannya hingga bisa melakukan panen raya udang

Penulis: | Editor: Hendra
(Ist/Humas)
Bupati Bateng saat melakukan panen raya udang galah di Desa Lubuk Lingkuk, Selasa (21/7/2020). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Bupati Bangka Tengah (Bateng), melakukan panen raya udang galah yang berhasil dibudidaya oleh masyarakat Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bateng, Selasa (21/7/2020).

Ia mengatakan bahwa pembudidaya udang galah di Bateng ini terhitung masih sedikit yang berhasil.

Namun kelompok Budidaya Barokah Maju Bersama Desa Lubuk Lingkuk ini berhasil melakukannya hingga bisa melakukan panen raya udang.

Dia mengapresiasi keberhasilan panen udang galah Desa Lubuk lingkuk.

Ia berharap Kecamatan Lubuk Besar bisa menjadi sentra budidaya udang galah, dan menjadi tempat belajar pembudidayaan udang galah bagi masyarakat Kabupaten Bateng.

"Aktifitas pembudidayaan komoditi lauk pauk yang tinggi kandungan protein seperti udang galah ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Mari kita kembangkan budidaya udang galah di Bateng," ujar Ibnu, Selasa (21/7).

Dengan keberhasilan ini, ia meminta Dinas terkait untuk terus memberikan pembinaan terhadap kelompok pembudidaya udang galah Lubuk Lingkuk.

Pemkab Bateng selalu konsisten memberikan bantuan seperti benur dan pakan kepada mereka yang serius membudidayakan udang galah, seperti di Desa Lubuk lingkuk sekarang.

Ketua Kelompok Budidaya Barokah Maju Bersama Lubuk Lingkuk, Sur mengungkapkan panen raya udang galah sekarang ini merupakan kali pertama dilakukan kelompoknya.

"Ya, kami melihat panen raya ini sekitar 80 persen dari total 20 ribu benur yang di tabur 6 bulan lalu," ungkap sur.

Ia menyebut 20 persen benur yang hilang karena faktor kanibal dan hama ikan.

Kendati demikian, 80 persen itu masih dianggap berhasil dan kedepan pihaknya akan mengurangi potensi terjadinya kanibal serta lebih peka terhadap hama ikan.

H Sur mengucapkan terimakasih kepada Bupati Bateng, H Ibnu saleh yang telah memperhatikan kelompoknya. Semua fasilitas penunjang budidaya ikan air tawar dan udang galah di penuhi oleh Bupati Ibnu.

(Bangkapos/Muhammad Rizki)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved