Breaking News:

Presiden Jokowi Ungkap Penyakit Menular Mematikan yang Sama Bahayanya dengan Covid-19

Presiden Jokowi Ungkap Penyakit Menular Mematikan yang Sama Bahayanya dengan Covid-19

Penulis: Teddy Malaka (CC) | Editor: Teddy Malaka
health.grid.id
Pemerintah berikan 3 pencegahan TBC 

BANGKAPOS.COM -- Presiden Joko Widodo mengungkap penyakit yang sama berbahayanya dengan Covid-19. Bahkan menurut dia penyakit ini termasuk dari 10 penyakit menular berbahaya di dunia.

Penyakit yang dimaksudkan oleh Presiden Jokowi, adalah penyakit tuberkolosis atau yang dikenal dengan sebutan TBC.

Melalui Instagram miliknya, Presiden Jokowi mengatakan bukan Covid-19 saja yang jadi pandemi, tapi juga tuberkulosis atau TBC.

Dan TBC adalah salah satu dari sepuluh penyakit menular penyebab kematian terbanyak di dunia dan telah ditetapkan sejak lama oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai sebuah pandemi.

"Pada 2018 lalu, diperkirakan terdapat 845.000 penduduk Indonesia yang mengidap TBC, dan 98.000 orang meninggal karena penyakit menular tersebut. Sebagian besar merupakan kelompok produktif dalam rentang usia 15 hingga 55 tahun," kata Jokowi.

Menurut Presiden Jokowi, kondisi ini perlu diwaspadai.

"Ini mesti kita waspadai. Meski kita tengah disibukkan dengan penanganan pandemi Covid-19, saya tetap menginstruksikan agar layanan diagnostik maupun pengobatan terhadap pasien tuberkulosis harus tetap berlangsung. Pemerintah berupaya keras untuk mencapai eliminasi tuberkulosis pada 2030 mendatang," katanya.

Pola penanganan seperti yang dilakukan pada Covid-19 perlu diterapkan untuk menangani penyebaran TBC.

"Terkait dengan itu, pola penanganan serupa Covid-19 dapat dipelajari dan diterapkan untuk meningkatkan efektivitas penanganan tuberkulosis ini. Misalnya, model pelacakan yang agresif untuk menemukan penderita pada Covid-19, juga bisa untuk mencari penderita tuberkulosis yang belum terlaporkan," katanya. 

Apa Itu Tuberkolosis

Halaman
1234
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved