Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Sistem Resi Gudang Ayam Karkas Beku, Kesejahteraan Peternak Ayam Diprediksi Meningkat

Dengan mulai berjalannya Resi Gudang untuk Komoditas Ayam Karkas Beku, ini merupakan angin segar bagi para peternak ayam.

(Ist/KBI)
Tampak dalam gambar (kiri –Kanan), Fajar Wibhiyadi, Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero), Tjahya Widayanti, Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), dan Agus Suparmanto (Menteri Perdagangan Republik Indonesia), disela-sela acara peresmian gudang SRG Komoditas Ayam Karkas Beku di Bekasi, 22 Juli 2020. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Pemanfaatan Sistem Resi Gudang (SRG) untuk Komoditi Ayam Beku kedepannya diyakini akan banyak dimanfaatkan melihat terjadinya surplus ayam potong ditingkat nasional.

Selama ini Ayam Karkas Beku belum bisa memanfaatkan Sistem Resi Gudang. Hal ini karena gudangnya yang belum ada.

Namun kini dengan sudah siapnya gudang untuk komoditas ini, optimis instrumen resi gudang ayam karkas beku ini akan dimanfaatkan oleh masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Fajar Wibhiyadi, Direktur Utama PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero), disela-sela acara Peresmian Gudang SRG komoditi ayam karkas beku di Bekasi, Rabu 22 Juli 2020 dalam rilis.

Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto yang turut hadir dalam peresmian Gudang SRG Ayam Beku tersebut menyampaikan bahwa SRG ayam karkas beku ini dapat dimanfaatkan seluruh lapisan pelaku usaha dalam rantai bisnis komoditas ayam, terutama para peternak mandiri.

"Dengan memanfaatkan SRG, para peternak mandiri dapat mendukung tata kelola usaha peternakan dan memberikan nilai tambah bagi usaha mereka. Pemanfaatan SRG ini ke depannya juga dapat memberikan berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di sektor peternakan ayam," kata Agus.

Gudang berpendingin (cold storage) yang diresmikan kali ini memiliki kapasitas 60 ton (20 ton untuk SRG) dengan luas 216 meter2, yang dilengkapi dengan fasilitas blasting untuk pembekuan, gudang untuk penyimpanan filet, dan gudang untuk penyimpanan karkas.

Terkait komoditas ayam nasional, Dalam beberapa tahun terakhir, terjadi surplus antara tingkat produksi dibandingkan dengan tingkat konsumsi masyarakat.

Data Kementerian Pertanian menunjukkan, Pada 2020, produksi ayam ras nasional adalah 2,7 juta ton dengan ton, sedangkan konsumsi nasional adalah 1.4 juta ton.

Sedangkan tahun 2019, produksi ayam ras nasiona adalah 2,5 juta ton dengan ton dengan konsumsi nasional adalah 1.4 juta ton.

Halaman
12
Editor: Hendra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved