Breaking News:

Berita Pangkalpinang

SPSI Nilai Bila Omnibus Law Diterapkan Pemerintah Tak Berpihak kepada Buruh

SPSI Bangka Belitung berencana akan melakukan aksi terkait RUU Omnibus Law. Aturan ini dinilai tidak berpihak ke buruh atau pekerja

Dok/Darusman
Ketua SPSI Babel, Darusman 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Keinginan pemerintah dalam menerapkan rancanangan undang-undang (RUU) Omnibus Law dinilai oleh serikat pekerja sangat tidak berpihak kepada buruh atau pekerja.

Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Bangka Belitung (Babel), Darusman mengatakan pembahasan UU Omnibus Law, tidak memenuhi beberapa hal dalam perancangannya.

"Kami rasa, seharusnya masyarakat harus tahu dulu. Tidak ucuk-ucuk langsung ada Undang-Undangnya. Seharusnya lebih mengedepankan pembahasan bersama unsur lainnya. Misal, unsur akademisi ataupun pakar serta masyarakat," jelasnya kepada bangkapos.com, Rabu (22/7/2020).

Darusman juga tidak dapat membayangkan apabila Omnibus Law disahkan. Karena dinilai banyak pasal-pasal yang kontradiktif dan bertentangan dengan pasal-pasal sebelumnya.

Seperti pembahasan masalah kontrak kerja. Di dalam Omnibus Law terdapat sistem kerja yang mengacu pada kebutuhan waktu (jam) dari pemberi kerja.

Ia tidak yakin sistem tersebut dapat dipenuhi dengan semestinya apabila diterapkan di Indonesia.

Untuk itu, pihaknya bersama perangkat SPSI di pusat terus melakukan sejumlah upaya mengenai keberlangsungan pembahasan Omnibus Law ini.

Baik melalui cara-cara persuasif, perundingan bahkan melakukan aksi.

"Kita juga di Bangka Belitung melakukan hal yang sama. Hanya saja untuk di kita, belum melakukan aksi di sini. InsyaAllah, kalau tidak ada halangan, aksi akan kita gelar pada tanggal 10 Agustus nanti kita akan turun ke jalan," ungkapnya.

Aksi yang direncanakan itu, dikatakannya, sebagai bentuk kepedulian pihaknya menanggapi Omnibus Law.

Halaman
12
Penulis: Ramandha
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved