Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Kabag MSO Kopdit Kabari Beberkan Cara Merawat Koperasi Supaya Kinerjanya Baik

Koperasi Kredit Karya Bersama Lestari (Kopdit Kabari) Semabung Baru, Robertus Denny mengatakan cara merawat koperasi.

bangkapos.com/Widodo
Robertus Denny selaku Kepala Bagian Member Servis Officer di Kopdit Kabari 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kepala Bagian Member Servis Officer Koperasi Kredit Karya Bersama Lestari (Kopdit Kabari) Semabung Baru, Robertus Denny mengatakan cara merawat koperasi.

"Kalau merawat koperasi kita bicara secara struktural di kami ini ada dewan pengurus. Pertama ketua, fraksi ketua itu bendahara dan sekretaris dan kedua kita di bagian managemen dan yang ketiga ada tim auditnya atau pengawas. Jadi merawat salah satunya kepengurusan ini tidak memegang uang yang memegang uang penuh itu managemen operasional," jelasnya kepada Bangkapos.com, Kamis (23/7/2020).

"Jadi kadang-kadang kita kan pernah lihat di luar dan banyak terjadi hal yang jelek (hal yang tidak baik) pengurus itu dia lah yang megang uang, dia yang mengambil keputusan, mengatur semuanya dan terjadi uang anggota tersebut dialihkan. Kita tidak mau terjadi seperti itu makanya pengurus itu tugasnya membuat kebijakan dan mengawasi kegiatan operasional yang ada," katanya.

"Jadi pengurus itu tidak memegang uang, cara merawatnya di antaranya seperti itu," sambungnya.

Kemudian yang kedua masalah bangunan atau gedung.

"Kalau koperasi yang benar sebisa mungkin dia sudah mempunyai gedung sendiri tidak pindah-pindah, dan itu salah satu bentuk kepercayaan anggota kepada lembaganya seperti itu," ujarnya.

Robertus menyebutkan anggota dari Kopdit Kabari ini masyarakat yang menengah ke bawah bukan menengah ke atas.

"Contoh beberapa di antaranya tukang bakso, pedagang asongan dan mereka menabung itu bukan langsung besar, sehari Rp 10.000 tapi dikumpul selama tujuh hari dan dihari ke delapan ditabung menjadi 70.000," ungkapnya.

"Ketika mereka menabung rutin istilahnya mereka ingin mengambil rumah, membeli tanah dan pengajuan di Kopdit Kabari," sebutnya.

"Jadi intinya kita lembaga bertugas kepada anggotanya minimal kebutuhan sandang pangan papan terpenuhi, nah kita bangga seperti itu," kata Robertus.

(Bangkapos.com/Widodo)

Penulis: Widodo
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved