Breaking News:

Berita Bangka Selatan

Kekeliruan Input Coklit di Bangka Selatan, Jumli Sebut Kerja KPU Harus Maksimal

Jumli menyebutkan masih ada waktu yang tersedia untuk memperbaikinya kembali secara lebih teliti.

Dok/Jumli Jamaludin
Pemerhati Kebijakan Publik atau Ketua Lembaga Partisipasi Pengawas dan Pemerhati Pelayanan Publik Bangka Belitung (LP5 Babel), Jumli Jamaluddin 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Mengenai adanya kekeliruan pada kegiatan Pencocokan dan Penlitian (coklit) oleh KPU Basel ditanggapi Pemerhati Kebijakan Publik sekaligus Ketua Lembaga Partisipasi Pengawas dan Pemerhati Pelayanan Publik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Jumli Jamaluddin.

Menurut Jumli Jamaludin, menghadapi Pilkada 2020 di Kabupaten Bangka Selatan, kerja dari lembaga penyelenggara Pemilu tentunya harus benar-benar maksimal sehingga penyelenggaraannya bia berjalan baik.

"Tentunya jika memang ada kekeliruan pada pelaksanaan Coklit, maka KPU Kabupaten Bangka Selatan untuk segera memperbaikinya. Hal tersebut perlu dilakukan agar hasil pencocokan dan penelitian Coklit Daftar Pemilih benar-benar valid," ujar Jumli Jamaludin pada Jumat, (24/7/2020).

Tentunya jika memang kekeliruan terjadi, Jumli menyebutkan masih ada waktu yang tersedia untuk memperbaikinya kembali secara lebih teliti.

"Saya rasa dengan adanya temuan dan sudah diketahui oleh pihak Bawaslu Basel serta sudah disampaikan langsung kepada pihak KPU Basel tersebut masih banyak waktu bagi pihak KPU Basel untuk memperbaikinya," imbuhnya.

Dirinya juga meminta agar KPU Kabupaten Bangka Selatan terus bersinergi dan berkoordinasi dengan Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan terkait pelaksanaan coklit, serta secara transparan terkait dengan pengolahan data tersebut.

Menurut Jumli, transparansi merupakan kekuatan kerja bagi pihak KPU Basel sehingga dengan transparan maka pihak Bawaslu Basel lebih mudah untuk melakukan pengawasan sesuai dengan kewenangan dan tupoksinya.

"Saya berharap agar perlunya kroscek untuk kevalidan data bagi semua KPU yang menyelenggarakan Pilkada di Bangka Belitung serta perlunya proaktif dari Bawaslu lainnya di Bangka Belitung untuk melakukan pengawasan di lapangan seperti yang telah dilakukan oleh Bawaslu Basel," tandasnya. (Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved