Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Rapid Test Masih Digunakan Sebagai Syarat Penerbangan

Rapid test masih digunakan sebagai pendeteksi awal dan sebagai kelengkapan persyaratan penerbangan.

Dokumentasi Bangka Pos
Ilustrasi Unit Rapid Test yang telah digunakan kepada seorang warga Kabupaten Bangka Selatan 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/413/2020 tentang pedoman pencegahan dan pengendalian Covid-19 menyatakan rapid test tidak lagi digunakan untuk mendiagnosa virus corona.

Namun rapid test masih digunakan sebagai pendeteksi awal dan sebagai kelengkapan persyaratan penerbangan.

Hal tersebut diakui Executive General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Muhammad Syahril.

"Untuk penerbangan masih menggunakan rapid tes sesuai dgn surat edaran (SE) 09 tahun 2020 Gugus Tugas Nasional dan acuanya msih menggunakan itu," ujar Syaril saat dikonfirmasi bangkapos.com,

Pihak bandara tetap melakukan pengawasan penumpang seperti ketentuan yang berlaku dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ada.

"Bandara adalah wilayah wajib masker jadi untuk semua org yang ada dibandara wajib masker, selalu jaga jarak dan cuci tangan," kata Syahril.

Sementara Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang, dr Bangun Cahyo Utomo dihubungi terpisah juga memberikan tanggapan terkait kemenkes tersebut.

"Dari dulu rapid test memang tidak digunakan untuk diagnosa, rapid test digunakan untuk skrining termasuk pada pelaku perjalanan dilakukan skrining dengan rapid test sehingga masih tetap dilakukan," ujar dr Bangun.

dr Bangun menegaskan untuk mendiagnosa seseorang positif Covid-19 harus menggunakan PCR atau tes swab.

KKP Kelas III Pangkalpinang terus melakukan pengawasan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Pengawasan tetap seperti kemarin, kita periksa surat rapid testnya masih berlaku atau tidak, kesehatannya bagaimana terus kita cek," jelas dr Bangun.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved