Breaking News:

Idul Adha 2020

Sistem Arisan Sapi Kurban Bakal Diterapkan ASN Pemprov Babel Tahun Depan

Sistem arisan dengan menyisihkan uang sebesar Rp300 Ribu akan dilaksanakan para ASN Pemprov Babel tahun depan

Penulis: Riki Pratama | Editor: Ardhina Trisila Sakti
KOMPAS.COM/KIKI ANDI PATI
Ilustrasi sapi kurban 2 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sistem arisan dengan menyisihkan uang sebesar Rp300 Ribu akan dilaksanakan para ASN Pemprov Babel tahun depan dalam upaya mendapatkan sapi kurban yang bisa disumbangkan saat perayaan lebaran Idul Adha.

Kabag Fasilitas Keagamaan, Biro Kesra Setda Pemprov Babel, Sofyan mengatakan tahun ini hanya ada dua SKPD yang diketahui melakukan kurban seperti Dinas Arsip dan BKPSDM.

"Ada arahan dari Gubernur Babel untuk arisan sapi diusahan satu OPD/Dinas itu ada satu sapi dengan konsep arisan kurban. ASN sebulan menyumbang Rp300 Ribu sebanyak orang tujuh. Bila setahun mencapai Rp21 juta, sudah dapat sapi ukuran besar sehingga apabila nanti ada masyarakat meminta bisa disalurkan,"jelas Sofyan kepada Bangkapos.com, Jumat (24/7/2020).

Dia menambahkan tahun ini tidak semua Dinas melakukan kurban sapi, hanya ada beberapa saja sementara untuk Gubernur Babel melakukan kurban dengan sedekah pribadinya sendiri.

"Tahun depan lah akan kami perkuat lagi dengan konsep arisan, Insyah Allah akan berjalan. Tentunya dalam ketentuan kurban, sapi yang di kurbankan jelas harus cukup umur minimal 2 tahun tidak cacat seperti kaki pincang, atau lainnya karena dalam hukum islam tidak dibolehkan. Termasuk mata buta atau ada luka termasuk tidak boleh yang kurus itu persyaratanya dalam hukum Islam,"tegasnya

Sapi Kurban 1 Ton dari Presiden Jokowi

Pemerintah Provinsi Bangka Belitung mendapatkan bantuan sapi kurban dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo seberat 1 ton yang akan diserahkan ke Kabupaten Bangka Tengah pada perayaan keagamaan Idul Adha.

Kabag Fasilitasi Keagamaan, Biro Kesra Setda Pemprov Babel Sofyan mengatakan ini merupakan program setiap tahun yang dilakukan oleh Presiden RI, memberikan bantuan sapi ke Provinsi Babel.

"Setiap tahun kita menerima dan kita bergantian setiap Kabupaten/Kota menerimanya, untuk tahun ini dipilih Kabupaten Bangka Tengah di Masjid Arrahman Kampung Dul,"jelas Sofyan kepada Bangkapos.com, Jumat (24/7/2020) di tempat kerjanya.

Sofyan mengatakan sapi yang diberikan oleh Presiden seberat 1 Ton yang nantinya akan diserahkan kepada pengurus masjid untuk dilakukan penyembelihan dan pembagian daging ke masyarakat.

"Kalau sapi Presiden bentuknya besar dengan berat 1 Ton 57 Kilogram, belinya disini. Selanjutnya nanti diserahkan ke masjid yang dituju, sebelumnya kita telah berkirim surat untik menemui pengurus masjid,"katanya.

Dalam proses penyembelihan nantinya, kata Sofyan akan tetap melaksanakan protokol Covid-19 dengan penyembelih diwajibkan menggunakan masker termasuk masyarakat yang ingin melihat dan antri mengambil daging sapi.

"Kalau sistem penyembelihan tetap melaksanakan protokol kesehatan. Penyembelih sapi nanti harus memakai masker dan menggunakan alat sembelih yang tajam, dibantu oleh panitia. Kita tahun kemarin sudah memberikan pembelajaran bagaimana cara menyembelih hewan kurban agar hewan tidak sakit sebelum disembelih,"ungkapnya.

(Bangkapos.com/Riki Pratama)

Sumber: bangkapos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved