Breaking News:

Berita Bangka Selatan

Temukan Kesalahan dalam Coklit, Bawaslu Basel Ingatkan KPU Lebih Cermat dan Teliti

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Selatan temukan kesalahan dalam pencocokan dan penelitian (coklit)

Penulis: Jhoni Kurniawan | Editor: Ardhina Trisila Sakti
bangkapos.com/Jhoni Kurniawan
Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan, Sahirin 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Selatan temukan kesalahan dalam pencocokan dan penelitian (coklit) yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan, Sahirin menyatakan saat pihaknya melakukan monitoring dan pengawasan dalam kegiatan pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih di tiga kelurahan dan satu desa di Kecamatan Toboali, pihaknya menemukan kesalahan dalam penyusunan Model A-KWK yang sebelumnya telah disinkronisasi oleh KPU Kabupaten Bangka Selatan.

"Saat kami melakukan pengawasan di lokasi ternyata ada ketidaksesuaian pada Model A-KWK yang dimiliki oleh KPU dengan kondisi real di lapangan," ujar Sahirin pada Jumat, (24/7/2020).

Ketiga kelurahan yang dimaksud oleh Sahirin yakni Kelurahan Toboali, Kelurahan Tanjung Ketapang dan Kelurahan Teladan serta di Desa Rias Kecamatan Toboali

Sahirin menegaskan jika kekeliruan atau ketidaksesuaian antara Model A-KWK dan kenyataan di lapangan merupakan kesalahan yang sangat fatal.

"Tentunya ini kesalahan yang fatal sesuai dengan PKPU Nomor 19 Tahun 2019 Pasal 10 yang menyatakan bahwa dalam penyusunan daftar pemilih dengan tidak menggabungkan pemilih dari kelurahan/desa atau nama lain yang berbeda pada TPS yang sama. Sedangkan pada faktanya berdasarkan hasil pengawasan serta wawancara yang telah kami lakukan dengan PPDP terdapat banyak kejadian yang keliru tersebut di tiga kelurahan dan satu desa di Kecamatan Toboali," beber Sahirin.

Akibat kesalahan dan kekeliruan ini, Sahirin menyebutkan berdampak pada sulitnya operator data pemilih dalam menginput data-data hasil pencocokan dan penelitian (coklit) padahal giat coklit telah berjalan selama sepekan terakhir.

Pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih menurut Sahirin sangat penting agar dapat memastikan daftar pemilih tetap (DPT) pada Pilkada 2020 yang valid.

"Kepada KPU Kabupaten Bangka Selatan, kami mengimbau agar secepatnya memperhatikan sekaligus memperbaiki permasalahan ini sehingga tuntas dan tak lagi ada masalah," tukasnya.

(Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan)

Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved