Breaking News:

Dinkes Babel ingin Wujudkan Generasi Bebas Hepatitis

Jadi, kalau daru bayi itu sudah tertular, di masa muda dan setelah dewasa akan juga tertular. Itu yang kita takutkan

Dinas Kesehatan Babel
Peringatan Hari Hepatitis Sedunia 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Peringatan Hari Hepatitis Sedunia, akan diperingati pada 28 Juli mendatang. Diperingatinya Hari Hepatitis diharapkan dapat memberikan kesadaran bagi masyarakat agar dapat melakukan screening terhadap Hepatitis.

Hal tersebut disampaikan Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bangka Belitung, Evalusi kepada Bangkapos.com, Sabtu (25/7/2020).

Ia mengatakan Hari Hepatitis Sedunia ini tentunya dapat menjadi momentum untuk meningkatkan perhatian, kepedulian dan pengetahuan masyarakat terhadap Virus Hepatitis dan penanggulanngannya.

"Yang paling ditakutkan itu kan, Hepatitis B. Nah, itu yang juga diprogramkan di Dinas Kesehatan Provinsi. Tapi, hanya untuk ibu hamil. Kita lakukan screening,"jelas Evalusi.

Alasan program tersebut yang ditujukan kepada ibu hamil, dikatakannya, dalam rangka memutus mata rantai penularan dari sang ibu kepada sang bayi.

"Karena kalau ibunya positif Hepatitis B dan kalau tidak dilakukan intervensi kepada sang ibu, 99 persen sang ibu akan tertular," ungkapnya.

Lebih lanjut, sang anak (bayi) sendiri harus terbebas dari Hepatitis B sebagaimana keinginan pihaknya dalam perwujudan generasi bebas Hepatitis.

"Jadi, kalau dari bayi itu sudah tertular, di masa muda dan setelah dewasa akan juga tertular. Itu yang kita takutkan," sebutnya.

Untuk itu pihaknya juga mempunyai program prioritas yaitu Triple Eliminasi yang bertujuan pemeriksaan terhadap ibu hamil untuk HIV, Sifilis dan Hepatitis B.

Pemeriksaan ketiga penyakit ini sendiri dilakukan agar sekalipun sang ibu terinfeksi HIV, Sifilis dan Hepatitis B, sedapat mungkin tidak menular ke anaknya.

Halaman
12
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved