Breaking News:

Menyamar Jadi Penliti dan Sembunyi di Konsulat China, Akhirnya Terduga Mata-mata Ini Diciduk Amerika

Menyamar Jadi Penliti dan Sembunyi di Konsulat China, Akhirnya Terduga Mata-mata Ini Diciduk Amerika

afp
Sempat Sembunyi di Konsulat China, Akhirnya Terduga Mata-mata China Ini Diciduk Amerika . Juan Tang, peneliti dan anggota tentara China yang diduga melakukan kegiatan mata-mata di Amerika 

SEMPAT bersembunyi di Gedung Konsulat China di San Francisco, seorang peneliti China yang diduga merupakan anggota tentara China, akhirnya ditangkap aparat Amerika, Jumat (24/7/2020).

Juan Tang, 37, ditahan otoritas federal Amerika dan diperkirakan akan dihadapkan di pengadilan federal Senin (27/7/2020). 

Departemen Kehakiman AS, Kamis (23/7/2020) mengumumkan dakwaan terhadap Juan Tang dan tiga ilmuwan lain yang tinggal di AS, diduga melakukan kegiatan mata-mata untuk tentara China.

Keempatnya didakwa melakukan penipuan visa.

Keempat orang yang dituduh melakukan penipuan visa adalah Wang Xin, Song Chen, Zhao Kaikai dan Juan Tang. 

Semua warga negara China dikatakan telah berbohong tentang layanan mereka di PLA, baik yang menyatakan bahwa mereka tidak pernah bertugas di militer atau tidak lagi bertugas.

Wang Xin ditangkap pada 7 Juni setelah diinterogasi oleh agen Pabean dan Perlindungan Perbatasan di Bandara Internasional Los Angeles.

Dia mengungkapkan bahwa dia tetap menjadi anggota PLA, dan bekerja di laboratorium universitas militer, kata rilis departemen kehakiman, setelah menyatakan dalam visanya bahwa dia telah meninggalkan militer pada tahun 2016.

Song Chen dan Zhao Kaikai keduanya ditangkap pada 18 Juli.

Jaksa penuntut menuding kasus itu adalah bagian dari program China mengirim ilmuwan dari militernya secara diam-diam ke AS.

Halaman
1234
Editor: Teddy Malaka
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved