Breaking News:

Berita Sungailiat

Netizen di Medsos Heboh Khawatir Radiasi Thermo Gun, Boy Yandra Tegaskan Aman dan Tidak Merusak Otak

Boy Yandra mengakui memang banyak masyarakat yang merasa ketakutan atau khawatir terkena radiasi dari tembakan alat pengukur suhu tubuh atau Thermo G.

Penulis: edwardi | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Edwardi
Petugas melakukan pengecekan suhu tubuh terhadap para peserta pertemuan di rumah dinas Bupati Bangka 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra mengakui memang banyak masyarakat yang merasa ketakutan atau khawatir terkena radiasi dari tembakan alat pengukur suhu tubuh atau Thermo Gun, yakni anggapan akan memberikan pengaruh terhadap fungsi otak pada manusia.

Anggapan akan memberikan pengaruh terhadap fungsi otak manusia ini dibantah Boy Yandra karena peralatan Thermo Gun sebagai bagian dari protokol kesehatan pencegahan penularan wabah Covid-19 ini sudah aman dan sudah melalui uji klinis.

"Memang banyak anggapan masyarakat soal kekhawatiran adanya radiasi Thermo Gun ini di media sosial baik Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya berseliweran mengenai hal ini," kata Boy Yandra, Minggu (26/07/2020).

Dijelaskan Boy Yandra, bahwa alat pengukur suhu tubuh Thermo Gun ini sudah lolos uji kesehatan dan sudah diperhitungkan kalau penggunaan alat Thermo Gun ini aman dan tidak merusak otak.

"Hal ini merupakan pernyataan dari dr Ari Fahrizan Syam , Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Jakarta," ujar Boy Yandra.

Menurutnya, Thermo Gun juga tidak menggunakan sinar laser atau sinar radioaktif semacam peralatan X- Ray , namun hanya menggunakan sinar infrared saja dan layak untuk digunakan bagi manusia, ini merupakan pernyataan dr Ahmad Yurianto, mantan Jubir Tim GTPPC RI.

"Kita mengimbau masyarakat jangan takut dan khawatir bila memasuki suatu tempat atau kegiatan ada pemeriksaan suhu tubuh dengan Thermo Gun ini aman dan tidak merusak otak, hal ini merupakan bagian dari protokol Kesehatan pencegahan penularan wabah Covid-19," tandas Boy Yandra.

(Bangkapos.com/Edwardi)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved