Mungkinkah Tablet Menggantikan Laptop untuk Bekerja dari Rumah?

Tablet pun sebenarnya bisa dimanfaatkan menunjang produktivitas dari rumah.

KOMPAS.com/ OIK YUSUF
Pena S Pen di tablet Galaxy Tab S6 Lite dapat membuat kegiatan seperti penyuntingan video menjadi lebih mudah, presisi, dan gesit ketimbang menggunakan jari. 

BANGKAPOS.COM - Komputer jinjing alias laptop adalah salah satu jenis perangkat yang banyak menjadi andalan untuk bekerja dari rumah, seiring dengan kebijakan work from home (WFH) yang diterapkan menyusul pandemi Covid-19.

Namun, laptop ataupun komputer desktop bukanlah satu-satunya perangkat yang bisa diandalkan sebagai alat kerja.

Tablet pun sebenarnya bisa dimanfaatkan menunjang produktivitas dari rumah.

Dibandingkan smartphone, perangkat tablet biasanya memiliki layar lebih lebar, dengan diagonal di kisaran 8 hingga 12 inci sehingga lebih nyaman digunakan untuk berbagai macam hal.

Ukurannya kira-kira sebanding dengan laptop kecil.

Hanya saja, layar tablet selalu merupakan touch screen, dengan sistem operasi mobile yang dioptimalkan untuk touch input.

Sebagian pabrikan memanfaatkan layar sentuh ini lebih jauh dengan menyertakan dukungan stylus.

Samsung, misalnya, adalah salah satu vendor yang dikenal kerap menyertakan stylus bernama S Pen di perangkat-perangkat tablet buatannya.

Perangkat input berbentuk serupa pena ini juga disertakan di tablet terbaru Samsung, Galaxy Tab S6 Lite, yang belakangan mendarat di meja redaksi KompasTekno untuk dijajal.

S Pen milik Galaxy Tab S6 bisa digunakan untuk menulis dan menggambar di layar, serta dibekali dengan sebuah tombol shortcut untuk memanggil sejumlah fungsi tambahan, seperti Smart Select untuk mengambil tangkapan gambar di area tertentu di layar.

Halaman
1234
Editor: suhendri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved