Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Narkoba Bikin Seseorang Sulit Kendalikan Diri, Begini Saran Psikolog untuk Mengindarinya

Siska mengatakan jika sudah terjerat pada lingkaran narkoba, maka secara psikologis, seseorang akan sulit mengendalikan diri.

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: Dedy Qurniawan
IST/Siska
Biro Psikologi Q-tha sekaligus Dosen Konseling Pendidikan Islam IAIN SAS Bangka Belitung, Siska Dwi Paramitha 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Psikolog sekaligus Dosen Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) IAIN SAS Bangka Belitung Siska Dwi Paramita mengatakan, banyak alasan yang bisa menjadikan seseorang jadi pecandu narkoba.

"Antara lain karena ajakan teman, kondisi psikologis yang sedang terganggu, hingga rasa penasaran yang besar ada dalam diri," ujar Siska, Selasa (28/7/2020).

Siska mengatakan jika sudah terjerat pada lingkaran narkoba, maka secara psikologis, seseorang akan sulit mengendalikan diri.

Emosi menjadi labil seperti mudah tersinggung atau sensitif, mudah marah, namun terkadang ada pula yang terlihat over confidence dan over happy.

Irfan Tak Sabar Lagi Ingin Bebas dari Lapas Narkotika, Rindu Berkumpul dengan Kedua Anaknya

Tak Hanya Orang Dewasa, Ternyata Anak Juga Bisa Depresi, Ini Penyebabnya

"Untuk tidak menggunakan kembali narkoba, memang membutuhkan support besar dari keluarga terdekat, dapat juga dibantu dengan terapi-terapi psikologi yang dilakukan oleh tenaga ahli seperti psikolog,"jelas Siska.

Ia menegaskan agar terhindar dari jeratan narkoba tentu perlu membentengi diri dengan iman yang kuat dan pendirian yang teguh.

Artinya tidak mudah terpengaruh lingkungan, menyadari bahwa hal yang akan dilakukan atau yang telah dilakukan adalah hal yang keliru.

"Menjadi orang yang selalu berada dalam "koridornya" memang sulit, apalagi saat dalam usia remaja. Remaja memang menyukai sesuatu hal yang baru dan senang mencoba hal-hal baru, maka peran keluarga disini sangat diperlukan agar para remaja tetap bisa bergaul namun tetap sehat secara fisik dan psikologis," tutur Siska.

Jika seseorang telah mengenal dunia narkoba maka akan sulit bagi orang tersebut untuk lepas dari lingkaran tersebut.

Maka hindari dan jauhi narkoba. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved