Virus Corona di Bangka Belitung

Cegah Penyebaran Covid-19, Gubernur Ingatkan Pegawainya Jangan DL Bila Tak Perlu!

Kasus penyebaran Covid-19 masih terjadi di Provinsi Bangka Belitung. Klaster lokal dan klaster perkantoran terus diantisipasi oleh Pemerintah Babel.

Bangkapos.com/Riki Pratama
Gubernur Bangka Belitung H Erzaldi Rosman Djohan 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Kasus penyebaran Covid-19 masih terjadi di Provinsi Bangka Belitung. Klaster lokal dan klaster perkantoran terus diantisipasi oleh Pemerintah Provinsi Bangka Belitung saat ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, yang menegaskan bahwa pegawai Pemprov Babel jangan melakukan Dinas Luar (DL) apabila tidak diperlukan.

"Saya sampaikan bahwa kalau tidak perlu tidak usah melakukan dinas luar, karena saya sudah sampaikan ke Kepala Dinas Kesehatan Mulyono untuk melakukan tes swab Covid-19 untuk mereka yang baru pulang dinas luar nantinya," jelas Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, kepada Bangkapos.com, Rabu (29/7/2020) di tempat kerjanya.

Dia menambahkan apabila nantinya ditemukan ada pegawai positif Covid-19, usai pulang perjalanan dinas luar daerah, akan dilaksanakan prosedur yang telah ditetapkan untuk melakukan karantina.

"Kalau ditemukan positif maka akan dilakukan karantina, dan biaya tes swab nanti ditanggung oleh mereka masing-masing," tegas Erzaldi.

Senada, Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Provinsi Bangka Belitung, Fery Afryanto, mengatakan, untuk biaya rapid tes yang dilakukan pegawai selama menjalankan dinas luar ditanggung oleh biaya sendiri, bukan dari anggaran pemerintah daerah.

"Untuk biaya itu ditanggung masing-masing pegawai individu, selam tugas itu memang penting untuk melaksanakan dinas luar," jelas Fery.

Dia menambahkan, dalam melaksanakan perjalanan dinas pegawai diminta untuk melaksanakan protokol kesehatan, sesuai yang telah ditentukan, untuk menjaga penyebaran Covid-19.

"Perjalanan dinas dilakukan kalau memang mendesak dan dilihat itu memang samgat penting dilaksanakan. Saat melakukan perjalanan dinas luar, harus menjalani mekanisme protokol Covid yang ada. Bukan hanya ke luar Babel, tapi di dalam Babel juga ada seperti ke Belitung, sudah ada yang melakukan kegiatan dinas luar untuk melaksanakan kegiatan di lapangan, terutama untuk teman-teman di UPT Samsat," tegas Fery.

(Bangkapos/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved