Berita Pangkalpinang

Dokter Hewan Ingatkan Pedagang Perlu Adanya Pemeriksaan Hewan Kurban Sebelum Dijual

Drh Agus Purwanto mengatakan perlu adanya pemeriksaan, perawatan dan menjaga kesehatan hewan kurban oleh para pedagang hewan kurban.

Bangkapos.com/Widodo
Hewan kurban sapi milik Haji Jubairi atau Badut di Ampui, Pangkalbalam Kota Pangkalpinang, Rabu (29/7/2020) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Drh Agus Purwanto selaku Medik Veteriner di Dinas Pangan dan Pertanian Kota Pangkalpinang mengatakan perlu adanya pemeriksaan, perawatan dan menjaga kesehatan hewan kurban oleh para pedagang hewan kurban.

Hal tersebut mengingat sebentar lagi sudah memasuki Hari Raya Idul Adha 2020 sehingga kesehatan hewan kurban harus terjaga.

Dia menyampaikan ada beberapa cara dalam pemeriksaan hewan kurban.

"Pemeriksaan hewan kurban dilakukan dengan pemeriksaan fisik, tidak ada kelainan fisik atau cacat. Kemudian dilakukan pemeriksaan tubuh dari nafas, suhu, mata, telinga, kaki tidak pincang, tanduk tidak patah bagi yang bertanduk dan testis simetris atau normal," jelas Agus saat dikonfirmasi Bangkapos.com melalui pesan WhatsApp kepada Bangkapos.com, Rabu (29/7/2020).

Agus juga membagikan cara dalam perawatan yang baik.

"Perawatannya dimandikan, dikasih rumput yang cukup, kotoran dibersihkan, dikandangkan yang teduh terhindar dari panas matahari dan dinginnya malam," jelasnya.

Agus menyebutkan, apabila ada hewan kurban yang sakit diperiksa terus dilakukan pengobatan sesuai gejala. Solusi untuk pengelola untuk segera melaporkan hewan sakit supaya segera diobati.

Selain itu, Agus menyebutkan menjaga kesehatan hewan kurban dengan menyediakan air dan makan secukupnya dan melihat kepadatan hewan dalam satu kandang.

"Menjaga kesehatan hewan kurban dengan selalu menyediakan air dan makan yang cukup dan menjaga tingkat kepadatan hewan dalam satu kandang," saran Agus.

Hingga H-1 Sudah 450 Hewan Kurban Terjual

Hewan kurban Sapi dan kambing milik Haji Jubairi atau Badut di Ampui, Pangkalbalam Kota Pangkalpinang, Rabu (29/7/2020)
Hewan kurban Sapi dan kambing milik Haji Jubairi atau Badut di Ampui, Pangkalbalam Kota Pangkalpinang, Rabu (29/7/2020) (Bangkapos/Widodo)
Halaman
1234
Penulis: Widodo
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved