Breaking News:

Berita Pangkalpinang

ISBA Bandung Gelar Webinar Beri Apresiasi ke Pihak yang Beri BST di Babel

Tujuan dilaksanakan webinar ini yaitu untuk mengapresiasi kinerja pihak terkait selama keberlangsungan penyaluran BST di Bangka Belitung.

(istimewa/ Taufik)
Brosur pelaksanaan Webinar yang diselnggarakan oleh ISBA Bandung . 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- ISBA Bandung adakan Webinar dengan tema Tinjau Ulang Pemanfaatan Bantuan Sosial Tunai (BST) di Bangka Belitung.

Ketua umum ISBA Bandung, Taufik Hidayat mengatakan tujuan dilaksanakan webinar ini yaitu untuk mengapresiasi kinerja pihak terkait selama keberlangsungan penyaluran BST di Bangka Belitung.

Dalam webinar ini dihadiri oleh berbagai narasumber, diantarnya Kepala Kantor Pos Indonesia cabang Pangkalpinang, Kepala Dinas Sosial Kota Pangkalpinang, Dosen Fisip Universitas Bangka Belitung, Ketua Karangtaruna Kota Pangkalpinang, dan peserta umum lainnya.

Kepala Kantor Pos Indonesia cabang Pangkalpinang, Azmat Nuzul Pasa mengatakan selama pandemi Covid-19 memang menjadi tantangan pihaknya dalam penyaluran BST kepada masyarakat.

Dia menyebutkan dalam penyerahan BST ini pihaknya melakukan tiga tahap diantaranya, melalui Kantor Pos langsung, komunitas dan pihaknya juga mengantar langsung ke rumah penerima BST dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dia mengungkapkan dari tahap pertama sampai dengan tahap ke tiga, penyaluran BST memang memiliki beberapa kendala, seperti alokasi yang diberikan dengan realisasi penerima BST masih terjadi kesalahan data sehingga pihaknya melakulan Rollback (pengembalian) dana tersebut ke Kemensos RI.

"Sampai ke tahap tiga ini memang dari data yang ada beberapa diantara penerima BST ini berasal dari keluarga mampu, meninggal, pindah, dapat bansos lain, dan ganda sehingga dari beberapa penerima tersebut dananya kita kembalikan lagi ke kemnsos lagi,"ujar Azmat pada Webinar, Rabu (29/7/2020).

Sementra itu, saat ini Kantor Pos melakukan trobosan baru yaitu dengan menggunakan aplikasi Pos Giro Cash (PGC) dimana masyarakat penerima BST ini bisa langsung mendonload aplikasi tersebut dan dana langsung dicairkan langsung.

"Melalui aplikasi ini penerima BST bisa langsung terpantau, dan mudah sehingga bisa diterima langsung," ujarnya.

Kepala Dinas Sosial Kota Pangkalpinang, Rika Komarina mengatakan pihaknya bekerja sama dengan kantor pos dalam penyaluran dana BST Kemensos RI.

Halaman
12
Penulis: Sela Agustika
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved