Idul Adha 2020

Salat Ied Adha Digelar di ATM Pangkalpinang dengan Protokol Kesehatan Covid-19

Salat Ied Adha 1441 Hijriyah digelar di Alun-Alun Taman Merdeka Pangkalpinang. Pelaksanaan salat dimulai pukul 07.00 WIB

Dok/Bangkapos.com
Pelaksanaan Salat Ied di Alun-Alun Taman Merdeka Pangkalpinang tahun 2019 lalu. 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Salat Ied Adha 1441 Hijriyah digelar di Alun-Alun Taman Merdeka Pangkalpinang. Pelaksanaan salat dimulai pukul 07.00 WIB dan tetap dengan protokol kesehatan Covid-19.

Kabag Kesra Sekretariat Daerah Kota Pangkalpinang, Haris Munandar mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan tim gugus tugas baik dinas kesehatan maupun BPBD untuk persiapan pelaksanaan salat. Haris menuturkan, kesiapan sudah berjalan 90 persen dilakukan.

Pihaknya pun akan memasang spanduk ajakan salat dan kewajiban jamaah salat sesuai Surat Edaran Kementerian Agama nomor 18 tahun 2020.

"Insyallah persiapan sudah berjalan dan penerapan protokol kesehatan kita lakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19," kata Haris, Rabu (29/7/2020).

Dia menuturkan, jamaah yang melaksanakan salat ied harus dalam keadaan sehat dan membawa sajadah atau alas salat masing-masing.

Mereka juga diminta menggunakan masker, menghindari kontak fisik, tidak berjabat tangan serta menjaga jarak antar jemaah lain minimal satu meter.

Haris mengatakan, jemaah juga diminta rajin mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer. Anak-anak dan lanjut usia, kata dia, diimbau mengikuti salat di rumah saja karena rentan terhadap penularan pandemi Covid-19.

"Waktu pelaksanaan ibadah juga dipersingkat karena sesuai dengan surat edaran tersebut," sambungnya.

Haris mengatakan, imam salat ied nantinya yakni H Firmantasi yang merupakan bagian dari Kementerian Agama Kota Pangkalpinang sementara khatib yakni H Abdul Rohim selaku Kepala Kementeriam Agama Kota Pangkalpinang.
(Bangkapos.com/Ira Kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved