Breaking News:

WIKI BANGKA

Tips Cara Mengolah Daging Kurban Agar Empuk dan Tidak Amis

Eksekutif Chef Hotel Santika, Chef Tondi mengatakan saat menerima daging kurban sebaiknya pilah terlebih dahulu bagian daging- daging tersebut.

kompas.com
Ilustrasi daging 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Hari Raya Idul Adha 1441 H sudah di depan mata. Perayaan momen hari raya ini selalu dilakukan penyembelihan hewan kurban, baik itu sapi ataupun kambing.

Proses pengolahan daging kambing dan sapi ini tentunya tidak terbilang mudah untuk menjadikannya hidangan lezat, terutama dalam penyajian tekstur daging agar empuk dan tidak berbau.

Eksekutif Chef Hotel Santika, Chef Tondi mengatakan saat menerima daging kurban sebaiknya pilah terlebih dahulu bagian daging- daging tersebut.

"Tidak semua pembagian daging kurban akan mendapat daging utuh, oleh karena itu penting untuk kita memisah antar bagian-bagian daging ini," kata Tondi kepada bangkapos.com, Rabu (29/7/2020).

Dia mengungkapkan beberapa tips yang dapat dilakukan dalam pengolahan daging agar empuk dan tidak berbau, diantaranya memperhatikan teknik potong daging.

Dijelaskan Chef Tondi, agar tekstur daging empuk seharusnya teknik memotong yang dapat dilakukan yaitu potong arah alur daging atau arah alur uratnya.

"Misalkan kita motongnya memanjang dengan arah alur urat resiko alotnya semakin besar,"ujarnya.

Kemudian cara selajutnya yang dapat dilakukan yaitu dengan memukul-mukul daging sebelum di masak. Gunanya untuk melemaskan otot daging dan seratnya lebih lembut setelah dimasak.

Sementara itu, untuk mengolah daging kambing agar tidak amis, dia menyarankan untuk merebuskan daging terlebih dahulu dengan dicampurkan bahan-bahan rempah seperti serai, jahe, dan lainnya.

"Ini merupakan rebusan pertama, yang mana harus direbus dari air dingin sampai dengan mendidih. Apabila kita masukkan daging saat keadaan air sudah mendidih ini akan mengkerutkan serat-serat daging sehingga daging ini akan menjadi keras," jelas Chef Tondi

"Sedangkan penambahan bahan-bahan rempah ini berfungsi untuk menghilangkan bau amis pada daging kambing, dan setelah dilakukan perebusan ini daging tersebut bisa langsung diolah masak sesuai selera," saran Chef Tondi.

(Bangkapos.com/Sela Agustika)

Penulis: Sela Agustika
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved