Breaking News:

Idul Adha 2020

Urusi Ratusan Sapi dan Kambing Jelang Hari Raya Idul Adha, Haji Badut Kerahkan 20 Pekerja

Sebagai agen dan distributor hewan kurban, ketika sudah mendekati lebaran tentunya akan disibukan dan banyak pemesanan dari berbagai wilayah.

Penulis: Widodo | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Widodo
Hewan kurban sapi milik Haji Jubairi atau Badut di Ampui, Pangkalbalam Kota Pangkalpinang, Rabu (29/7/2020) 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Sebagai agen dan distributor hewan kurban, ketika sudah mendekati Hari Raya Idul Adha tentunya akan disibukan dan banyak pemesanan dari berbagai wilayah.

Menurut keterangan Ripin yang merupakan saudara Haji Jubairi atau yang sering disapa haji Badut yang merupakan agen atau distributor hewan kurban, di tempat ini mempunyai kurang lebih 20 pekerja yang mengurus hewan kurban.

"Kurang lebih 20 orang pekerja untuk mengurusi, merawat yang terdiri dari bagian misalnya mengambil rumput, ngasih makan atau minum. Setiap bagian ada beberapa orang misalnya yang mengambil rumput ada 4 orang, tugas di kandang sapi maupun kambing ada berapa orang misalnya," jelas  Ripin kepada Bangkapos.com, Rabu (29/7/2020).

Ripin mengatakan, untuk makanan yang diberi kepada sapi khususnya selain rumput juga pohon jagung.

Pantauan Bangkapos.com, Badut distributor hewan kurban  disibukan dengan ponselnya yang dalam waktu beberapa detik selalu berbunyi.

Kemudian, terlihat beberapa pekerja yang sibuk saat mengurus sapi maupun kambing.

Misalnya Reza (16) dan Madon (15) yang bertugas memberi makan, minum, mengobati mata kambing milik Kurdi saudara dari Badut yang kandang kambing tersebut di sekitar wilayah tersebut.

Menurut Reza, kambing sering mengalami sakit mata dan mengobatinya pakai jeruk langer sejenis jeruk nipis dengan cara diperas jeruk tersebut ke mata kambing.

Terlihat Madon dan Reza yang bertugas di kandang kambing sangat semangat mengambil rumput yang ada di atas mobil.

Rumput yang di mobil tersebut dibagikan kepada setiap kandang-kandang.

Diakui Reza, khususnya di kandang kambing ada 5 orang yang bertugas, bagian mengambil rumput 4 orang.

Wayan satu diantara pengambil rumput mengatakan dalam sehari dua kali mengambil rumput.

"Dalam sehari itu dua kali atau dua rid ngambil rumputnya, biasanya ngambil rumput di Desa Air Anyir dan desa Balunijuk.

Selain itu, Apriyadi yang bertugas di kandang sapi milik Badut ini bertugas memberi makan maupun minum dari 50 sapi yang tersisa.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved