Berita Bangka Tengah

Era Adaptasi Kebiasaan Baru, UMKM Bangka Tengah Mulai Menggeliat

Di era adaptasi kebiasaan baru sekarang sektor Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) di Kabupaten Bangka Tengah mulai beranjak bangkit

bangkapos.com/Muhammad Rizki
Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Bateng, Azwar 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Di era adaptasi kebiasaan baru sekarang sektor Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) di Kabupaten Bangka Tengah mulai beranjak bangkit setelah lesu saat awal pandemi Covid-19.

Menurut Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi UKM Kabupaten Bateng, Azwar mengatakan sektor UMKM mulai membaik seperti rumah makan beberapa bulan lalu mengalami penurunan omzet dikarenakan banyak masyarakat yang kelur rumah dan pekerja yang bekerja dari rumah.

"Karena sekarang operasional kantor sudah berjalan pembeli sudah kembali datang, kalau kemarin saat bekerja di rumah kan benar-benar memukul UMKM di sektor makan minum," ujar Azwar, Kamis (30/7) di ruang kerjanya.

Namun ada juga sektor yang masih agak kesulitan untuk kembali bangkit, seperti sektor oleh-oleh dikarenakan frekuensi penerbangan di Provinsi Bangka Belitung (Babel) yang belum berjalan normal seperti biasa.

Bukan tanpa upaya, ia mengaku bahwa pihaknya sudah menggelar pelatihan seperti pelatihan pengemasan produk UKM dan bantuan untuk usaha rusip di Desa Batu Belubang serta beberapa usaha lain yang dimaksudkan untuk kembali mendongkrak dunia UMKM di Bateng.

Dikatakannya meskipun sempat terpuruk dengan penurunan omzet sampai dengan 50 persen namun tidak ada UMKM di Bateng yang gulung tikar.

(Bangkapos.com/Muhammad Rizki)

Penulis: Muhammad Rizki
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved