Idul Adha 2020

Jelang Idul Adha Disperindagkop UKM Periksa Bahan Berbahaya di Pasar Modern Koba

Tes yang dilakukan pada hari ini meliputi empat unsur seperti boraks, formalin, metanil yellow, dan Rhodamin B.

bangkapos.com/Muhammad Rizki
Disperindagkop UKM Bangka Tengah saat melakukan pemeriksaan bahan berbahaya di Pasar Modern Koba. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA  - Bekerjasama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi UKM (Disperindagkop UKM) Bangka Tengah melakukan pemeriksaan bahan berbahaya di Pasar Modern Koba.

Plt Kasubbag TU Upt Pasar dan Metrologi Bateng, Erik mengatakan tes yang dilakukan pada hari ini meliputi empat unsur seperti boraks, formalin, metanil yellow, dan Rhodamin B. Menurutnya kegiatan ini juga dalam rangka mendekati hari raya Idul Adha.

"Total dua hari ini ada 25 produk pangan yang kita lakukan uji seperti terasi, kue, ikan basah, daging, kerupuk, mie kuning dan hasilnya semua produk yang kami periksa negatif atau tidak ada kandungan berbahaya di dalamnya," ujar Erik, Kamis (30/7) di ruang kerjanya.

Melalui kegiatan ini diharapkan pedagang bisa lebih memahami jika produk-produk yang mereka jual rentan untuk tercemar bahan berbahaya sehingga para pedagang diharapkan bisa proaktif melaporkan apabila melihat kejanggalan dari produk mereka.

Untuk konsumen juga agar bisa lebih waspada dan melaporkan kepada Disperindagkop UKM Bangka Tengah agar pihaknya bisa turun langsung ke lapangan untuk langsung melakukan pengecekan.

(Bangkapos.com/Muhammad Rizki)

Penulis: Muhammad Rizki
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved