Idul Adha 2020

Jumli Sarankan Daging Kurban Diantarkan ke Rumah-rumah

Ia berharap tidak ada kendala maupun permasalahan baik dalam hal pemotongan maupun pembagian hewan kurban di tengah pandemi covid-19 tahun ini

Ist/dok.pribadi Jumli
Ketua LP5 Babel Jumli Jamaluddin (baju putih) saat mendampingi Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Babel Elfi Yena (baju batik berkerudung) menyerahkan sapi kurban bantuan Gubernur Babel kepada masyarakat Desa Kota Kapur, (Kamis, 30/7/2020) 

BANGKAP0S.COM, BANGKA - Pemerhati Kebijakan Publik sekaligus Ketua Lembaga Partisipasi Pengawas dan Pemerhati Pelayanan Publik Bangka Belitung (LP5 Babel), Jumli Jamaludin menyarankan daging kurban dibagikan dengan cara diantarkan ke rumah-rumah.

"Pembagian daging hewan kurban sebaiknya jika memungkinkan panitia mengantar langsung ke rumah-rumah penerima atau mustahiknya. Tak lupa juga pemotongan dan pembagian hewan kurban ditengah pandemi covid-19 sebaiknya ikuti arahan dan petunjuk pemerintah melalui Majelis Ulama (MUI) dan Tm Gugus Tugas terkait di daerah," ujar Jumli, Jumat (31/7/2020).

Ia mengatakan jika mustahiknya diminta mengambil sendiri di tempat panitia dengan pemberian kupon, maka sebaiknya sebisa mungkin sudah menyiapkan protokol kesehatan.

Minimal, yang paling utama menggunakan masker dan menjaga jarak.

"Sebisa mungkin juga menyiapkan air beserta sabun cuci tangan. Diupayakan agar bisa lebih teratur. Hal ini tersebut dilakukan untuk menghindari dan mengantisipasi kerumunan maupun berdesak-desakan bagi mustahiknya," kata Jumli.

Ia berharap tidak ada kendala maupun permasalahan baik dalam hal pemotongan maupun pembagian hewan kurban di tengah pandemi covid-19 tahun ini baik bagi panitia dan juga bagi mustahiknya.

"Diharapkan juga pembagian daging kurban dilakukan secara merata bagi para mustahik," tutur Jumli.

Diakuinya, memang kegiatan kurban pada masa pandemi covid-19 tahun ini tidak seramai dan semeriah tahun sebelumnya.

Ketentuan Pembagian Daging Kurban dan Mereka yang Berhak Menerima

Antusiasme Kurban di Musala di Air Itam Ini Tak Menurun Meski Pandemi, Terapkan Protokol Kesehatan

Waspada Konsumsi Makanan Berlemak Saat Lebaran, Berdampak Buruk Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit

"Disaat kesulitan ekonomi masyarakat ditambah terdampak covid-19 maka daging hewan kurban sangat berarti dan sangat membutuhkannya bagi masyarakat terutama untuk mengurangi beban keuangan untuk lauk pauk dan kebutuhan gizi maupun protein untuk dapat menjaga kesehatan," kata Jumli.

Barangkali bisa saja tidak merata dan tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya untuk diterima masyarakat.

Sebisa mungkin panitia dapat mensiasati dan mengaturnya secara baik agar bisa merata meski tidak sebanyak tahun sebelumnya yang diterima oleh para mustahiknya. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved