Berita Pangkalpinang

Mahasiswa KKN UBB Tua Tunu Ajarkan IRT Buat Masker Secara Mandiri

Selain mencegah penyebaran virus corona, IRT juga bisa membantu perekonomian keluarga di masa pandemi covid-19 seperti ini.

Ist/ KKN UBB Tua Tunu
KKN UBB Tua Tunu mengajarkan ibu-ibu membuat masker di salah satu rumah warga, di Kelurahan Tua Tunu, Gerunggang, Kota Pangkalpinang, Minggu (2/8/2020) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Mahasiswa KKN UBB Tua Tunu mengajak dan mengajarkan masyarakat Kelurahan Tua Tunu, Gerunggang, Kota Pangkalpinang, khusunya Ibu rumah tangga (IRT) di RT 01 Tua Tunu, untuk membuat masker secara mandiri.

Hal ini dinilai berguna bagi masyarakat.

Selain mencegah penyebaran virus corona, IRT juga bisa membantu perekonomian keluarga di masa pandemi covid-19 seperti ini.

Ketua KKN UBB Ahmad Syukri mengatakan program KKN dalam bidang kesehatan ini dibuat agar para ibu- ibu bisa memanfaatkan waktu luang dengan membuat masker dari bahan yang sudah ada sehingga waktu mereka tidak terbuang sia- sia.

Bahan - bahan yang digunakan untuk pembuatan masker ini, seperti kain, benang, dan jarum. Bahan tersebut sebenarnya yang sudah ada di rumah masing- masing.

Namun pihaknya menyediakan bahan - bahan itu, sehingga ibu - ibu cukup datang saja.

"Kami yang beranggota 15 orang mengajar dan mengajak masyarakat Tua Tunu di RT 01 terutama ibu ibu untuk membuat masker terbuat dari kain. Ini sangat membantu, selain bisa membuat masker untuk pencegahan virus corona, ibu ibu juga bisa berjualan masker, sehingga bisa membantu perekonomian mereka," Kata Ahmad Syukri, Minggu (2/8/2020).

Mahasiswa KKN UBB Desa Tanjung Gunung Kampanyekan Pencegahan Covid-19 Melaui Poster dan Vidoe Online

Kata dia, selain memenuhi kebutuhan sandang berupa perlengkapan sehari-hari, maupun kesehatan di masa pandemi ini.

Ia berharap ibu-ibu sebagai pengelola rumah tangga dapat andil dalam pencegahan virus COVID-19.

"Saat itu, masyarakat harus menaati protokol kesehatan seperti menggunakan masker saat berpergian keluar rumah. Itu lah tujuan kami agar membantu pencegahan penyebaran virus corona di masyarakat kota Pangkalpinang ini," ujarnya.

Menurutnya, ibu ibu yang mengikuti pelatihan pembuatan masker dari program KKN UBB Tua Tunu ini, merasa terbantu.

Selain mendapatkan pengalaman dan pengetahuan, mereka juga dapat membantu suami dalam mendapatkan penghasilan di masa pandemi seperti ini.

Pelatihan pembuatan masker ini berjalan lancar karena ibu- ibu tersebut juga sudah paham menjait secara manual, tanpa mesin jahit dan tentu saja dibimbing oleh mahasiswa KKN UBB Tua Tunu dalam membuat masker tersebut. (Bangkapos.com/Yuranda)

Penulis: Yuranda
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved