Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Psikolog Sebut Mencari ketenangan di Luar Rumah Menjadi Alasan Anak Jalanan

Keberadaan anak jalanan yang mengambil ruang di perempatan lampu merah dan warkop saat ini semakin banyak.

Penulis: Sela Agustika | Editor: nurhayati
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Ilustrasi anak jalanan 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Keberadaan anak jalanan yang mengambil ruang di perempatan lampu merah dan warkop saat ini semakin banyak.

Psikolog sekaligus Dosen Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) IAIN SAS Bangka Belitung, Siska Dwi Paramita mengatakan banyaknya anak jalanan tersebut perlu mendapatkan penanganan khusus dari berbagai bidang, dalam hal ini baik orangtua, pemerintahan, dan masyarakat sekitar.

Dia mengungkapkan kemungkinan besar yang menjadi penyebab anak berada dijalanan ini memang karena tidak memiliki rumah, atau dilatar belakangi keluarga yang "broken" sehingga mereka mencari ketenangan diluar rumah.

"Tentunya perlu pendekatan untuk dapat memahami masalah yang terjadi pada anak jalanan ini," ungkapnya kepada Bangkapos.com, Senin (3/8/2020)..

Selain itu, faktor lingkungan seperti teman juga menjadi menjadi alasan lain anak untuk ikut bergabung.

"Ikut-ikutan teman juga menjadi alasan lainnya, karena jika melihat usia mereka (anak jalanan) yang tergolong remaja, sebagai remaja jelas mereka lebih yakin dan percaya terhadap teman," jelas Siska 

Agar bisa tertangani dengan tepat, dia menyarankan kepada pihak-pihak terkait untuk melakukan kerja sama yang baik, misalnya melakukan pendekatan secara psikologis dan pendekatan sosiologis.

"Hal tersebut dilakukan agar mengetahui secara mendalam permasalahan yang terjadi pada mereka,"ucapnya.

"Sebagai masyarakat, pemerintah dan orangtua, hal seperti ini jangan diabaikan karena mereka juga butuh perlindungan baik secara fisik, psikologis dan keamanan dari segi tempat tinggal. Agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan dikemudian hari," saran Siska.

Perlu Penanganan Gerak Cepat

Halaman
123
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved